Show simple item record

dc.contributor.authorMuhammad Ali As’ad
dc.date.accessioned2013-12-18T03:09:06Z
dc.date.available2013-12-18T03:09:06Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM070910301095
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9750
dc.description.abstractPendidikan merupakan hal yang diutamakan orang tua kepada anakanaknya pada masa sekarang ini. Namun pendidikan yang paling pertama yang akan di dapat setiap anak adalah pada orang tua masing- masing anak. Orang tua juga berpengaruh dalam setiap jenjang pendidikan yang akan dipilihkan kepada anak-anak mareka. Baik itu pendidikan yang berbasiskan pelajaran umum dan juga pendidikan yang berbasiskan agama. Banyak alasan dan motivasi orang tua dalam memilih lembaga pendidikan untuk anak-anak mareka. Dalam kenyataannya sebagian orang tua sekarang ini menilai bahwa masyarakat selama ini memberikan image negatif bahwa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Klanting dianggap sebagai lembaga pendidikan kelas dua dibanding dengan pendidikan di sekolah umum, serta berdasarkan kenyataan yang ada bahwa sebagian besar pengelolaan Madrasah dilakukan pihak swasta yang sering kali tidak mengutamakan asas-asas manajemen serta kualitas, persoalan kualitas guru, sarana dan prasarana yang kurang memadai, akan tetapi di tengah keterbatasan yang dimiliki Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam ternyata masih terdapat daya tarik yang dimiliki oleh Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam tersebut. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan jumlah muridnya pada tiga tahun terakhir ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis dan mengetahui motivasi orang tua menyekolahkan anaknya di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Klanting. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dan jenis penelitiannya adalah studi deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan menemukan 8 orang informan, yaitu 5 sebagai informan pokok, 3 sebagai informan tambahan. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi wawancara mendalam (indept interview), observasi yang secara terang- terangan atau secara tidak terang-terangan (overt observation atau covert observation), dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Lokasi penelitian di Desa Klanting Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 7 Nopember sampai 31 Desember 2011. Penulis mendeskripsikan mengenai motivasi orang tua menyekolahahkan anaknya di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam baik motivasi orang tua timbul dari dalam diri sendiri (motivasi internal), dan motivasi dari luar (motivasi eksternal). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi orang tua meliputi 2 hal, yakni motivasi internal orang tua meliputi 2 hal, yakni motivasi adanya kesesuaian harapan orang tua supaya anak paham agama Islam dengan kurikulum ciri khusus yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Klanting, dan Motivasi karena dari pengalaman orang tua masa lalu dengan melihat banyak keberhasilan dari alumninya maka orang tua menaruh kepercayaan terhadap sekolah tersebut dengan menyekolahkan anaknya ke sekolah Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Klanting. Sedangkan motivasi eksternal meliputi 3 hal, yakni motivasi karena semua anggota keluarga bersekolah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Klanting, Motivasi orientasi pada kelompok tertentu yaitu Nahdatul Ulama, dan Motivasi perlindungan/mengontrol terhadap anaknya. Kesimpulan penelitian adalah bahwa kelima motivasi orang tua baik motivasi internal maupun motivasi eksternal ini memiliki manfaat besar dalam mewujudkan tujuan-tujuan orang tua untuk anak-anak agar mereka menjadi kepribadian yang baik (jasmani atau rohani), dapat hidup berkembang secara wajar dan normal. Diharapkan menghasilkan manusia berguna bagi dirinya dan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut di atas ada beberapa saran. Pertama; diharapkan antara orang tua murid dengan pihak sekolah terdapat interaksi yang positif, seperti orang tua murid berkonsultasi dengan pihak sekolah mengenai perkembangan belajar anaknya disekolah. Kedua, diharapkan orang tua selalu mengawasi mengarahkan serta membimbing anak dalam belajar. Khususnya membantu mengatasi kesulitan dalam belajar yang dialami oleh anak-anaknya. Ketiga, bagi para orang tua yang tingkat pendidikannya rendah diharapkan selalu menambah wawasan dan pengetahuannya dengan sering membaca buku-buku yang bersangkutan dengan pendidikan agar bisa membantu membimbing dan mendorong serta mengarahkan anaknya guna mendapatkan prestasi belajar yang baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070910301095;
dc.subjectMOTIVASI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAKNYAen_US
dc.titleMOTIVASI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM KLANTING (Studi Deskriptif pada Orang Tua Murid MI Desa Klanting Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record