Show simple item record

dc.contributor.authorRofiati
dc.date.accessioned2013-12-18T03:08:18Z
dc.date.available2013-12-18T03:08:18Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM090210204072
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9749
dc.description.abstractPendidikan Kewarganegaraan sangat penting untuk menumbuhkan sikap kewarganegaraan generasi penerus bangsa, maka hal yang sangat substansial yang harus dikaji adalah bagaimana cara penanaman nilai moral Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal dan media gambar telah dlaksanakan dengan baik. Persentase aktivitas yang diperoleh dari pembelajaran melalui model pembelajaran reciprocal dan media gambar pada pra siklus sebesar x 35,41% dan siklus 1 sebesar 65,27% dengan siswa kriteria sangat aktif sebanyak 10 siswa, aktif 8 siswa, dan cukup aktif 6 siswa, sehingga meningkat sebesar 29,86%. Sedangkan pada siklus 2 persentase aktivitas belajar siswa sebesar 80,20% dengan jumlah siswa sangat aktif 15 siswa dan aktif 9 siswa. Sehingga meningkat sebesar 14,93%. Ketuntasan hasil belajar pada pra siklus sebesar 33% dan meningkat pada siklus 1 menjadi 67% dengan jumlah siswa sangat baik 1 siswa, baik 3 siswa, cukup baik 12 siswa, kurang baik 3 siswa dan tidak baik 5 siswa dan pada siklus 2 sebesar 87,5% dengan jumlah siswa sangat baik 7 siswa, baik 2 siswa, cukup baik 11 siswa, kurang baik 3 siswa dan tidak baik 1 siswa, sehingga mengalami peningkatan sebesar 20,5%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran reciprocal dan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pelajaran PKn pokok bahasan globalisasi. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal dan media gambar dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar siswa lebih tertarik dan mudah memahami materi yang diajarkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204072;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL DAN MEDIA GAMBAR DALAM PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN GLOBALISASIen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL DAN MEDIA GAMBAR DALAM PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN GLOBALISASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH SUMBERBULU PROBOLINGGOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record