PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL DAN MEDIA GAMBAR DALAM PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN GLOBALISASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH SUMBERBULU PROBOLINGGO
Abstract
Pendidikan Kewarganegaraan sangat penting untuk menumbuhkan sikap
kewarganegaraan generasi penerus bangsa, maka hal yang sangat substansial yang
harus dikaji adalah bagaimana cara penanaman nilai moral
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran reciprocal dan media gambar telah
dlaksanakan dengan baik. Persentase aktivitas yang diperoleh dari pembelajaran
melalui model pembelajaran reciprocal dan media gambar pada pra siklus sebesar
x
35,41% dan siklus 1 sebesar 65,27% dengan siswa kriteria sangat aktif sebanyak
10 siswa, aktif 8 siswa, dan cukup aktif 6 siswa, sehingga meningkat sebesar
29,86%. Sedangkan pada siklus 2 persentase aktivitas belajar siswa sebesar
80,20% dengan jumlah siswa sangat aktif 15 siswa dan aktif 9 siswa. Sehingga
meningkat sebesar 14,93%. Ketuntasan hasil belajar pada pra siklus sebesar 33%
dan meningkat pada siklus 1 menjadi 67% dengan jumlah siswa sangat baik 1
siswa, baik 3 siswa, cukup baik 12 siswa, kurang baik 3 siswa dan tidak baik 5
siswa dan pada siklus 2 sebesar 87,5% dengan jumlah siswa sangat baik 7 siswa,
baik 2 siswa, cukup baik 11 siswa, kurang baik 3 siswa dan tidak baik 1 siswa,
sehingga mengalami peningkatan sebesar 20,5%.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
reciprocal dan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas IV dalam pelajaran PKn pokok bahasan globalisasi. Saran dalam
penelitian ini adalah hendaknya pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran reciprocal dan media gambar dapat dijadikan sebagai alternatif bagi
guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar siswa lebih tertarik dan
mudah memahami materi yang diajarkan.