• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL DAN MEDIA GAMBAR DALAM PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN GLOBALISASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH SUMBERBULU PROBOLINGGO

    Thumbnail
    View/Open
    Rofiati - 090210204072_1.pdf (154.0Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Rofiati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan Kewarganegaraan sangat penting untuk menumbuhkan sikap kewarganegaraan generasi penerus bangsa, maka hal yang sangat substansial yang harus dikaji adalah bagaimana cara penanaman nilai moral Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal dan media gambar telah dlaksanakan dengan baik. Persentase aktivitas yang diperoleh dari pembelajaran melalui model pembelajaran reciprocal dan media gambar pada pra siklus sebesar x 35,41% dan siklus 1 sebesar 65,27% dengan siswa kriteria sangat aktif sebanyak 10 siswa, aktif 8 siswa, dan cukup aktif 6 siswa, sehingga meningkat sebesar 29,86%. Sedangkan pada siklus 2 persentase aktivitas belajar siswa sebesar 80,20% dengan jumlah siswa sangat aktif 15 siswa dan aktif 9 siswa. Sehingga meningkat sebesar 14,93%. Ketuntasan hasil belajar pada pra siklus sebesar 33% dan meningkat pada siklus 1 menjadi 67% dengan jumlah siswa sangat baik 1 siswa, baik 3 siswa, cukup baik 12 siswa, kurang baik 3 siswa dan tidak baik 5 siswa dan pada siklus 2 sebesar 87,5% dengan jumlah siswa sangat baik 7 siswa, baik 2 siswa, cukup baik 11 siswa, kurang baik 3 siswa dan tidak baik 1 siswa, sehingga mengalami peningkatan sebesar 20,5%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran reciprocal dan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pelajaran PKn pokok bahasan globalisasi. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal dan media gambar dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar siswa lebih tertarik dan mudah memahami materi yang diajarkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9749
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository