Show simple item record

dc.contributor.authorSiti Yuliana Margareta
dc.date.accessioned2013-12-18T03:07:33Z
dc.date.available2013-12-18T03:07:33Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM070210204162
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9748
dc.description.abstractPenelitian bertempat di kelas IV SDN Andongsari 06 Ambulu dengan jumlah siswa yaitu 26 siswa, 15 laki-laki dan 11 perempuan. Data yang dikumpulkan diperoleh dengan cara dokumentasi, observasi serta wawancara. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I berlangsung atas dasar hasil diagnostik dan refleksi yang diperoleh dari tindakan pendahuluan. Siklus II didasarkan atas hasil refleksi yang diperoleh dari siklus I dan dilaksanakan dengan tujuan perbaikan atau pemantapan. Dalam penerapannya, metode dan media tersebut mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di kelas secara bertahap. Hasil analisis observasi aktivitas siswa selama 4 kali proses pembelajaran menunjukkan bahwa untuk aktivitas kelompok pertemuan I, kelompok aktif sebanyak 80% sisanya sangat aktif, dan berbanding terbalik pada pertemuan II, untuk pertemuan III dan IV semua kelompok 100% berkategori sangat aktif. Mengenai aktivitas secara individu, pertemuan I siswa cukup aktif sebanyak 38%, aktif 8%, sangat aktif 54%. Pertemuan II, 7 siswa (27%) tergolong cukup aktif, aktif sebanyak 4 siswa (15%), dan sisanya 15 siswa (58%) sangat aktif. Pertemuan III jumlah untuk anak yang tergolong cukup aktif berkurang menjadi 3 anak (12%), aktif bertambah menjadi 6 siswa (23%), sangat aktif 17 siswa (65%). Peningkatan aktivitas terus berlanjut pada siklus II yaitu untuk anak yang tergolong cukup aktif menjadi 2 siswa (7,69%), aktif 5 siswa (19,23%), serta sangat aktif menjadi 19 siswa (73,07%) Hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran CIRC disertai media kartu kerja juga mengalami peningkatan. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada tes akhir siklus I adalah 76,92% dan pada tes akhir siklus II adalah 88,46% sehingga peningkatan ketuntasan yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah 11,54%. Sebelum dilaksanakan penelitian, siswa yang tergolong tuntas hanya sebesar 34,28% dan peningkatan yang terjadi setelah dilaksanakan penelitian sampai siklus II adalah 54,18%. Sehingga dalam penerapannya, model CIRC disertai media kartu kerja dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Andongsari 06 Ambulu.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204162;
dc.subjectCIRC, Media Kartu Kerja, Perkalian dan Pembagianen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL CIRC DISERTAI MEDIA KARTU KERJA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS IV SDN ANDONGSARI 06 AMBULU TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record