PENERAPAN MODEL CIRC DISERTAI MEDIA KARTU KERJA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS IV SDN ANDONGSARI 06 AMBULU TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Penelitian bertempat di kelas IV SDN Andongsari 06 Ambulu dengan jumlah
siswa yaitu 26 siswa, 15 laki-laki dan 11 perempuan. Data yang dikumpulkan
diperoleh dengan cara dokumentasi, observasi serta wawancara. Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I berlangsung atas dasar hasil diagnostik dan
refleksi yang diperoleh dari tindakan pendahuluan. Siklus II didasarkan atas hasil
refleksi yang diperoleh dari siklus I dan dilaksanakan dengan tujuan perbaikan atau
pemantapan.
Dalam penerapannya, metode dan media tersebut mampu meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar di kelas secara bertahap. Hasil analisis observasi aktivitas
siswa selama 4 kali proses pembelajaran menunjukkan bahwa untuk aktivitas
kelompok pertemuan I, kelompok aktif sebanyak 80% sisanya sangat aktif, dan
berbanding terbalik pada pertemuan II, untuk pertemuan III dan IV semua kelompok
100% berkategori sangat aktif. Mengenai aktivitas secara individu, pertemuan I siswa
cukup aktif sebanyak 38%, aktif 8%, sangat aktif 54%. Pertemuan II, 7 siswa (27%)
tergolong cukup aktif, aktif sebanyak 4 siswa (15%), dan sisanya 15 siswa (58%)
sangat aktif. Pertemuan III jumlah untuk anak yang tergolong cukup aktif berkurang
menjadi 3 anak (12%), aktif bertambah menjadi 6 siswa (23%), sangat aktif 17 siswa
(65%). Peningkatan aktivitas terus berlanjut pada siklus II yaitu untuk anak yang
tergolong cukup aktif menjadi 2 siswa (7,69%), aktif 5 siswa (19,23%), serta sangat
aktif menjadi 19 siswa (73,07%)
Hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran CIRC disertai media kartu
kerja juga mengalami peningkatan. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada tes
akhir siklus I adalah 76,92% dan pada tes akhir siklus II adalah 88,46% sehingga
peningkatan ketuntasan yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah 11,54%.
Sebelum dilaksanakan penelitian, siswa yang tergolong tuntas hanya sebesar 34,28%
dan peningkatan yang terjadi setelah dilaksanakan penelitian sampai siklus II adalah
54,18%. Sehingga dalam penerapannya, model CIRC disertai media kartu kerja dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Andongsari 06 Ambulu.