| dc.description.abstract | Belajar  sebagai proses perubahan dan interaksi dengan lingkungan untuk 
memenuhi kebutuhan fisik, mental dan spiritual. Perubahan tersebut mencakup 
tingkah laku, keterampilan, sikap, pengetahuan, dan kemampuan daya reaksi. 
Perubahan sebagai hasil belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti 
perubahan pengetahuan, sikap, tingkah laku, keterampilan, kecakapan, kemampuan 
daya reaksi, daya penerimaan dan aspek yang ada pada individu.  
Disiplin belajar siswa dan pemenuhan biaya pendidikan merupakan salah satu 
faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Jika disiplin belajar siswa itu tinggi 
maka prestasi belajar yang di capai akan tinggi juga, karena waktu yang digunakan di 
sekolah berjalan terarah pada tujuan belajar. Berbada dengan siswa yang memiliki 
kedisiplinan yang kurang baik, waktu belajarnya akan terganggu karena  sebagian 
waktu tersebut tersita untuk menjalani sangsi dari guru maka hal tersebut akan 
mengganggu prestasi belajarnya di sekolah. Sama halnya dengan biaya pendidikan 
yang di keluarkan oleh orangtua untuk pemenuhan kebutuhan belajar anaknya di 
sekolah. Jika, keadaan ekonomi orangtua tinggi semua kebutuhan akan biaya 
transportasi dan pemberian uang saku anak akan terpenuhi dengan baik. 
Penelitian ini dilakukan untuk  menjelaskan adanya pengaruh yang signifikan 
dari disiplin belajar dan biaya pendidikan terhadap prestasi belajar siswa  kelas XI 
IPS SMA Sunan Giri Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik Tahun Ajaran 
2010/2011 pada mata pelajaran Ekonomi, serta manakah faktor yang berpengaruh 
paling dominan terhadap prestasi belajar siswa.  penelitian dengan cara  Purposive 
Area  yakni SMA Sunan giri Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik.  Metode penentuan responden  dengan cara  populasi  yakni siswa kelas XI IPS, sedangkan 
metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan 
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. 
Hasil penelitian menunjukkan  bahwa  disiplin belajar  (X1) dan biaya 
pendidikan  (X2)  berpengaruh secara nyata terhadap  prestasi belajar  (Y). Dibuktikan 
pada hasil perhitungan  Fhitung  sebesar  79,115  > Ftabel  3,136  dan  α  = 0,05 > sig F = 
0,000 yang berarti bahwa disiplin belajar dan biaya pendidikan mempunyai pengaruh 
yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA 
Sunan Giri Menganti kelas XI tahun ajaran 2010/2011. Proporsi sumbangan masing-
masing variabel, yaitu untuk variabel  disiplin belajar  (X1) sebesar  44,63%  dengan 
thitung  sebesar 5,379.  Sedangkan variabel  biaya pendidikan  (X2) sebesar  25,88% 
dengan thitung  sebesar 3,331. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa 
variabel disiplin belajar (X1) mempunyai pengaruh paling dominan terhadap prestasi 
belajar siswa mata pelajaran ekonomi apabila dibandingka n dengan variabel  biaya 
pendidikan (X2
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa disiplin belajar sangat 
besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. karena tanpa adanya kesadaran 
diri yang baik akan aturan yang berlaku disekolah maka kegiatan belajar mengajar 
siswa di kelas akan terganggu. Waktu belajar akan tersita karena siswa tersebut 
sedang menjalankan sangsi karena ketidakdisiplinannya di sekolah. | en_US |