PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Sunan Giri Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik Tahun Ajaran 2010/2011)
Abstract
Belajar sebagai proses perubahan dan interaksi dengan lingkungan untuk
memenuhi kebutuhan fisik, mental dan spiritual. Perubahan tersebut mencakup
tingkah laku, keterampilan, sikap, pengetahuan, dan kemampuan daya reaksi.
Perubahan sebagai hasil belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti
perubahan pengetahuan, sikap, tingkah laku, keterampilan, kecakapan, kemampuan
daya reaksi, daya penerimaan dan aspek yang ada pada individu.
Disiplin belajar siswa dan pemenuhan biaya pendidikan merupakan salah satu
faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Jika disiplin belajar siswa itu tinggi
maka prestasi belajar yang di capai akan tinggi juga, karena waktu yang digunakan di
sekolah berjalan terarah pada tujuan belajar. Berbada dengan siswa yang memiliki
kedisiplinan yang kurang baik, waktu belajarnya akan terganggu karena sebagian
waktu tersebut tersita untuk menjalani sangsi dari guru maka hal tersebut akan
mengganggu prestasi belajarnya di sekolah. Sama halnya dengan biaya pendidikan
yang di keluarkan oleh orangtua untuk pemenuhan kebutuhan belajar anaknya di
sekolah. Jika, keadaan ekonomi orangtua tinggi semua kebutuhan akan biaya
transportasi dan pemberian uang saku anak akan terpenuhi dengan baik.
Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan adanya pengaruh yang signifikan
dari disiplin belajar dan biaya pendidikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI
IPS SMA Sunan Giri Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik Tahun Ajaran
2010/2011 pada mata pelajaran Ekonomi, serta manakah faktor yang berpengaruh
paling dominan terhadap prestasi belajar siswa. penelitian dengan cara Purposive
Area yakni SMA Sunan giri Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Metode penentuan responden dengan cara populasi yakni siswa kelas XI IPS, sedangkan
metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar (X1) dan biaya
pendidikan (X2) berpengaruh secara nyata terhadap prestasi belajar (Y). Dibuktikan
pada hasil perhitungan Fhitung sebesar 79,115 > Ftabel 3,136 dan α = 0,05 > sig F =
0,000 yang berarti bahwa disiplin belajar dan biaya pendidikan mempunyai pengaruh
yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA
Sunan Giri Menganti kelas XI tahun ajaran 2010/2011. Proporsi sumbangan masing-
masing variabel, yaitu untuk variabel disiplin belajar (X1) sebesar 44,63% dengan
thitung sebesar 5,379. Sedangkan variabel biaya pendidikan (X2) sebesar 25,88%
dengan thitung sebesar 3,331. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa
variabel disiplin belajar (X1) mempunyai pengaruh paling dominan terhadap prestasi
belajar siswa mata pelajaran ekonomi apabila dibandingka n dengan variabel biaya
pendidikan (X2
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa disiplin belajar sangat
besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. karena tanpa adanya kesadaran
diri yang baik akan aturan yang berlaku disekolah maka kegiatan belajar mengajar
siswa di kelas akan terganggu. Waktu belajar akan tersita karena siswa tersebut
sedang menjalankan sangsi karena ketidakdisiplinannya di sekolah.