Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. PLN (Persero) Jember Jember
Abstract
Mewujudkan kepuasan kerja karyawan merupakan hal sangat penting
karena akan membantu perusahaan dalam menciptakan nilai unggul dari produk
atau jasa yang ditawarkan. Perusahaan perlu memperhatikan kepuasan kerja
karyawan secara optimal, termasuk dengan menciptakan atau memberikan suatu
tindakan yang dapat meningkatkan kepuasan karyawan. Mengingat persaingan
antar perusahaan semakin kompleks dan kompetitif karyawan diharapkan mampu
mempertahankan eksistensi dan loyalitas terhadap perusahaan demi terjaganya
keberlangsungan perusahaan.
Lingkungan kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor, yang pertama faktor
lingkungan fisik yaitu lingkungan dan tata ruang serta kebersihan dan kerapian.
Lingkungan kerja fisik adalah semua kondisi yang berbentuk fisik, yang berada
disekitar tempat kerja karyawan, yang dapat mempengaruhi karyawan tersebut
secara langsung maupun tidak langsung. Kedua yaitu lingkungan kerja non fisik
merupakan suatu kondisi yang terjadi dan memiliki kaitan dengan hubungan
kerja, baik hubungan dengan atasan, sesama rekan kerja, maupun bawahan.
Perusahaan harus dapat menyediakan kondisi kerja yang kondusif dan
mendukung kinerja seluruh karyawan yang bekerja di dalam perusahaan, dengan
suasana yang tenang, adanya komunikasi yang baik antar karyawan, dan juga
pengendalian diri yang baik.
Kompensai dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya adalah suplai dan
permintaan kerja, jadi jumlah ketersedian pekerjaan dengan jumlah ketersediaan
tenaga kerja akan dapat mempengaruhi jumlah kompensasi. Produktivitas,
merupakan hasil kinerja karyawan itu sendiri, kemampuan perusahaan untuk
membayar gaji dapat menjadi dasar jumlah kompensasi yang akan diterima oleh
karyawan serta kebijakan pengupahan, penggajian dan peraturan pemerintah.
PT. PLN (Persero) Jember merupakan perusahaan adalah sebuah Badan
Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada
di Indonesia. PT PLN (Persero) APJ Jember berlokasi di Jl. Gajah Mada No 198
Jember. Area pelayanan PT PLN (Persero) APJ Jember mencakup 2 kabupaten
yaitu Lumajang dan Jember. Luas daerah pelayanan untuk Kabupaten Jember
sekitar 3.293,4 km2
dan Kabupaten Lumajang sekitar 1.790 km2
. Sistem
pengelolaan pelanggan merupakan gabungan antara integrated dan stain alone
dengan mengoperasikan beberapa sistem dan aplikasi antara lain: SIP3, PPOB,
PRAQTIS, CMS (Customer Management Sistem) dan OFFLINE.
Pada hasil pengujian analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa
variabel lingkungan kerja berpengaruh signifikan dengan arah positif. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan kerja mempengaruhi peningkatan
x
atau penurunan kepuasan kerja pegawai PT. PLN (Persero) Jember. Kompensasi
berpengaruh signifikan dengan arah positif. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa komepnsasi mempengaruhi peningkatan atau penurunan kepuasan kerja
pegawai PT. PLN (Persero) Jember.