Pengaruh Kualitas Pelayanan, Reputasi Perusahaan, Atribut Produk dan Cita Rasa Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Teh Botol Sosro (Studi Kasus pada Konsumen Pujasera Jl. PB Sudirman Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh parsial
dan simultan Faktor minat beli ulang (Kualitas Pelayanan, Reputasi Perusahaan,
Atribut Produk dan Cita Rasa) terhadap Minat beli ulang teh botol Sosro dan
mengetahui variabel bebas yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap
terhadap Minat beli ulang teh botol Sosro.
Penelitian ini dilakukan pada Konsumen Pujasera Jl.PB Sudirman Jember.(field research)
Metode penelitian lain yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kepustakaan
(ibrary research)yang dilaksanakan dengan membaca buku-buku yang
berhubungan dengan masalah yang diteliti serta hasil penelitian lainnya yang
dapat menunjang penelitian ini.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F,
dan uji t. Regresi berganda digunakan untuk menggambarkan model hubungan
antara variabel bebas dan variabel terikat. Uji F sering disebut uji simultan, yang
digunakan untuk menguji apakah variabel independen yang digunakan dalam
model mampu menjelaskan perubahan nilai variabel dependen atau tidak. Uji t
digunakan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel independen yang
terdiri dari Kualitas Pelayanan, Reputasi Perusahaan, Atribut Produk dan Cita
Rasa terhadap Minat beli ulang teh botol Sosro.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan, Reputasi
Perusahaan, Atribut Produk dan Cita Rasa secara bersama-sama memiliki
pengaruh yang signifikan hal ini didasarkan pada besarnya nilai F
F
tabel
= 2.67, sementara secara parsial nilai -T
vi
hitung
1,
-5.432
sehingga Kualitas Pelayanan, Reputasi
Perusahaan, Atribut Produk dan Cita Rasa terhadap Minat beli ulang teh botol
Tabel
hitung
2,
= 10.488 >
-4.548
3,
Sosro, sementara Cita rasa variabel yang berpengaruh dominan terhadap terhadap
Minat beli ulang teh botol Sosro yaitu (0,406)
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan, Reputasi
Perusahaan, Atribut Produk dan Cita Rasa terhadap Minat beli ulang teh botol
Sosro berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang baik secara parsial atau simultan.