• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE “MIND MAPPING” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGARANG NARASI PADA SISWA KELAS V SDN JOMERTO 01 PATRANG JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (160.1Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    SITI AISYAH NOER WAHYUNI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rancangan penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SDN Jomerto 01 dan diikuti oleh semua siswa kelas V sebanyak 40 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan dilakukan kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif adalah data yang diperoleh dari hasil observasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes berupa nilai siswa dalam menulis karangan narasi. Sumber data meliputi, guru kelas V dan siswa kelas V SDN Jomerto 01. Instrumen penelitian dalam penelitian ini ada dua jenis, yaitu: 1. instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar tugas mengarang, dan lembar pedoman wawancara, 2. instrumen analisis data berupa perbandingan hasil observasi dan hasil penilaian dari tes mengarang cerita narasi oleh siswa pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kreativitas mengarang narasi siswa kelas V SDN Jomerto 01 melalui metode “mind mapping” dapat meningkat setelah guru melakukan tindakan dengan membentuk kelompok disertai diskusi. Melalui diskusi, siswa yang cepat dan mudah menerima informasi cara membuat “mind mapping” dan pengembangannya akan membantu teman sekelompok yang lambat dalam menerima informasi. Hasil belajar mengarang narasi siswa kelas V mengalami peningkatan sebesar 2,5% tetapi persentase daya serap klasikal masih di bawah kriteria ketuntasan minimal 70%. Pada siklus I, sebanyak 12 siswa atau 30% mencapai ketuntasan belajar sedangkan 28 siswa atau 70% belum mencapai ketuntasan belajar dengan demikian keterampilan mengarang narasi belum ada peningkatan. Siklus II, ada sedikit peningkatan meskipun hanya sebanyak 13 siswa atau 32,5% mencapai ketuntasan belajar sedangkan 27 siswa atau 67,5% belum mencapai ketuntasan belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9733
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository