Kualitas Pelayanan Becak Wisata pada Wisatawan Kapal Pesiar di Kota Probolinggo
Abstract
Becak wisata Kota Probolinggo telah menunjukan peran strategisnya
dalam pelayanan wisatawan kapal pesiar. Kualitas pelayanan becak wisata
menjadi bagian penting peningkatan promosi dan pengembangan pariwisata di
Kota Probolinggo. Beberapa permasalahan yang muncul, yaitu rendahnya
kualitas pelayanan pengemudi becak wisata yang masih belum menjadi sebuah
produk wisata menarik, dan ketidakkonsistenan fungsi kelembagaan asosiasi
sebagai fasilitator peningkatan kualitas pelayanan wisatawan kepada para
anggotanya. Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan becak wisata sebagai
moda transportasi unggulan serta merevitalisasi fungsi kelembagaan Asosiasi
Becak Bestari dalam peningkatan kualitas pelayanan wisatawan. Metode yang
dipergunakan yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.
Menghasilkan beberapa aspek, yaitu rumusan Standar Operasional Prosedur
(SOP) khusus pelayanan becak wisata untuk wisatawan kapal pesiar, serta
menyusun fungsi sistem kelembagaan Becak Bestari Kota Probolinggo.
Kesimpulan bahwa SOP khusus pelayanan wisatawan kapal pesiar menjadi
panduan pelayanan dasar kepada wisatawan, serta system kelembagaan baru
mampu mengadopsi perkembangan kebutuhan terhadap pelayanan kepada
wisatawan.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]