Studi Dukungan Sosial Keluarga dengan Perkembangan Kemandirian Emosional Remaja Usia Sekolah Menengah Pertama Full Day School
Date
2019-12-01Author
MARDIYAH, Istna Abidah
SUSANTO, Tantut
SUSUMANINGRUM, Latifa Aini
Metadata
Show full item recordAbstract
Remaja awal di sekolah menengah pertama full day school, kemungkinan idak matur pada
perkembangan kemandirian emosional remaja. Peneliian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan
antara dukungan sosial orang tua dengan perkembangan kemandirian emosional pada remaja usia
sekolah menengah pertama dengan full day school di Kabupaten Jember. Desain pada peneliian ini adalah
cross-secional yang dilakukan pada 154 remaja berusia 13-15 tahun dengan straiied random sampling.
Kuesioner yang digunakan dalam peneliian ini melipui karakterisik remaja, Perceived Social Support
From Family, dan Emoional Autonomy Scale. Hasil menunjukkan bahwa remaja memiliki dukungan sosial
keluarga yang baik (70,8%) dan kemandirian emosional yang inggi (54,5%). Ada hubungan yang signiikan
antara dukungan sosial keluarga dengan otonomi emosional remaja sekolah menengah pertama full day
school (X
2
= 5,27; p-value = 0,02). Remaja dengan dukungan sosial keluarga sedang dapat mencegah
keidakmatangan kemandirian emosional (OR = 0,427; 95% CI = 0,205-0,881). Dukungan sosial keluarga
diperlukan dalam perkembangan maturitas kemandirian emosional remaja. Oleh karena itu, orang tua
perlu memberikan dukungan sosial pada remaja selama perubahan perkembangannya.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7359]