dc.description.abstract | Brand loyalty adalah kesetiaan seseorang pelanggan terhadap merek suatu
produk atau jasa. Pelanggan yang loyal merupakan suatu aset penting bagi
perusahaan karena konsumen akan lebih memungkinkan untuk melakukan pembelian
ulang. Faktor faktor yang mendorong atau yang mempengaruhi loyalitas merek
terhadap suatu produk atau jasa yaitu brand image dan brand trust. Brand image atau
citra merek adalah suatu kumpulan persepsi dan kesan yang ada dibenak konsumen
mengenai suatu merek yang di rangkai dari ingatan ingatan konsumen terhadap merek
tersebut. Citra yang baik sangat menguntungkan bagi perusahaan, karena tanpa
disadari konsumen merekomendasikan produk atau jasa kepada orang lain.
Sebaliknya citra yang negative tentang merek suatu produk atau jasa konsumen akan
meyebar informasi jelek terhadap orang lain. Brand trust adalah kemampuan merek
untuk dipercaya, yang bersumber dari keyakinan konsumen bahwa produktersebut
telah menjanjikan dan intense baik merek. Brand trust kecenderungan individu untuk
percaya kepada kualitas merek atau atribut yang sangat penting dalam hubungan
konsumen merek.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis perngaruh
brand iamge dan brand trust terhadap brand loyalty pelanggan godspeedwearhouse.
Populasi dalam sample ini adalah semua pelanggan godspeedwearhouse yang diatas
umur 18 tahun keatas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan
godspeedwearhouse yang sudah berbelanja lebih dari 2 kali. Jumlah sampel dari
penelitian ini adalah 120 responden, yang diperoleh daeri seluruh indikator yang di
peroleh dikali kan 10, yaitu 12 indikator di kalikan 10 yakni 120. Metode penelitian
penelitian ini yang dipakai ialah analisis regresi dengan pendekatan konfrimatori.
Berdasarkan analisis hasil studi dan pembahasan tentang pengaruh brand
image dan brand trust terhadap brand loyalty pelanggan godspeedwearhouse, maka
dapat di ambil beberapa kesimpulan sebagai berikut a.) Brand image tidak
berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty pelanggan godspeedwearhouse.
Dengan demikian hipotesis pertama menyatakan bahwa pengaruh signifikan antara
brand image terhadap brand loyalty pelanggan godspeedwearhouse tidak dapat
diterima b.) Brand trust berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty pelanggan
godpseedwearhouse. Dengan demikian bahwa hipotesis kedua menyatakan bahwa
ada pengaruh signifikan antara brand trust dan brand loyalty pelanggan
godspeedwearhouse. | en_US |