UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI SISWA MELALUI METODE INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TAHUN AJARAN 2009/2010 TAHUN AJARAN 2009/2010 TAHUN AJARAN 2009/2010
View/ Open
Date
2014-01-23Author
Fatimatuz Zahrok Fatimatuz Zahrok Fatimatuz Zahrok
Metadata
Show full item recordAbstract
Kenyataan yang terjadi di SMA Muhammadiyah 3 Jember terutama kelas X-4
adalah masih banyak siswa yang belum memahami konsep prasyarat dalam
matematika, misal yang paling mendasar adalah operasi hitung dan teorema
Pythagoras yang akan digunakan pada pembelajaran trigonometri.
Pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
viii
pemahaman konsep siswa. Alat untuk mengetahui pemahaman konsep siswa meliputi
LKS dan tes akhir.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah persentase aktivitas guru pada
siklus I sebesar 76,39 %, sedangkan pada siklus II sebesar 88,89 %. Persentase
aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif Group Investigation
Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah
penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation