Show simple item record

dc.contributor.authorSigit Rengganata
dc.date.accessioned2013-12-17T10:43:57Z
dc.date.available2013-12-17T10:43:57Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM050210302040
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9556
dc.description.abstractKurangnya minat peserta didik terhadap pembelajaran sejarah di sekolah memicu rendahnya hasil belajar yang diperoleh. Hal ini tampak dari hasil belajar yang diperoleh siswa tidak pernah mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil temuan melalui wawancara yang tidak terstruktur pada siswa dan guru sejarah SMA Negeri Rambipuji terdapat persoalan persoalan yang menyebabkan rendahnya perolehan hasil belajar tersebut yaitu, (1) siswa kurang memahami materi pelajaran dengan baik, (2) siswa terlalu menganggap remeh mata pelajaran sejarah, (3) siswa kurang antusias dalam belajar sejarah. Berdasarkan hal-hal tersebut maka peneliti mencoba untuk menerapkan metode pembelajaran Problem Based Instruction Metode Problem Based Instruction merupakan metode pembelajaran yang mendekatkan peserta didik pada masalah otentik dan kemampuan berfikir tinggi serta pemecahan masalah, sharing pengetahuan dan menemukan pengetahuan secara aktif sehingga terjadi peningkatan pemahaman. Hasil belajar yang dicapai siswa setelah proses pembelajaran berlangsung ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku serta peningkatan nilai hasil belajar yang dicapai siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan model skema Kemis & McTagart. Pada penelitian ini subjekyang diteliti adalah kelas X-4 SMA Negeri Rambipuji tahun 2010-2011 berjumlah 35 siswa dikarenakan kemampuan befikir siswa yang heterogen. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian metode Problem Based instruction berjalan sesuai dengan kerangka konseptual yang di tetapkan. Berdasarkan pelaksanaan dan hasil analisis yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan metode Problem Based Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata siswa dalam satu kelas yang mendapat perolehan pada siklus I sebesar 62,14 dengan ketuntasan 45,71%, Siklus II sebesar 67,57 dengan ketuntasan 71,43% dan siklus III sebesar 76 dengan ketuntasan klasikal 91,43%, serta dalam perhitungan uji beda yang menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara Siklus I, II dan III.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210302040;
dc.subjectMetode Problem Based Instruction, Hasil Belajar Sejarahen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X-4 SMA NEGERI RAMBIPUJI SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record