• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X-4 SMA NEGERI RAMBIPUJI SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011

    Thumbnail
    View/Open
    Sigit Rengganata - 050210302040 (2)_1.pdf (209.5Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    Sigit Rengganata
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurangnya minat peserta didik terhadap pembelajaran sejarah di sekolah memicu rendahnya hasil belajar yang diperoleh. Hal ini tampak dari hasil belajar yang diperoleh siswa tidak pernah mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil temuan melalui wawancara yang tidak terstruktur pada siswa dan guru sejarah SMA Negeri Rambipuji terdapat persoalan persoalan yang menyebabkan rendahnya perolehan hasil belajar tersebut yaitu, (1) siswa kurang memahami materi pelajaran dengan baik, (2) siswa terlalu menganggap remeh mata pelajaran sejarah, (3) siswa kurang antusias dalam belajar sejarah. Berdasarkan hal-hal tersebut maka peneliti mencoba untuk menerapkan metode pembelajaran Problem Based Instruction Metode Problem Based Instruction merupakan metode pembelajaran yang mendekatkan peserta didik pada masalah otentik dan kemampuan berfikir tinggi serta pemecahan masalah, sharing pengetahuan dan menemukan pengetahuan secara aktif sehingga terjadi peningkatan pemahaman. Hasil belajar yang dicapai siswa setelah proses pembelajaran berlangsung ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku serta peningkatan nilai hasil belajar yang dicapai siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan model skema Kemis & McTagart. Pada penelitian ini subjekyang diteliti adalah kelas X-4 SMA Negeri Rambipuji tahun 2010-2011 berjumlah 35 siswa dikarenakan kemampuan befikir siswa yang heterogen. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian metode Problem Based instruction berjalan sesuai dengan kerangka konseptual yang di tetapkan. Berdasarkan pelaksanaan dan hasil analisis yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan metode Problem Based Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata siswa dalam satu kelas yang mendapat perolehan pada siklus I sebesar 62,14 dengan ketuntasan 45,71%, Siklus II sebesar 67,57 dengan ketuntasan 71,43% dan siklus III sebesar 76 dengan ketuntasan klasikal 91,43%, serta dalam perhitungan uji beda yang menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara Siklus I, II dan III.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9556
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository