Show simple item record

dc.contributor.authorWIRDAH PRAMITA NASRUDDIN
dc.date.accessioned2013-12-17T08:20:16Z
dc.date.available2013-12-17T08:20:16Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM090210101068
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9544
dc.description.abstractINGKASAN “Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah Menurut Polya Materi Persegi dan Persegi Panjang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2012/2013”. Wirdah Pramita Nasruddin; 090210101068; 2013; 56 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika; Jurusan Pendidikan MIPA; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pada umunya pembelajaran matematika di sekolah masih berpusat pada guru, siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru bidang studi matematika di SMP Negeri 10 Jember diperoleh informasi bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika. Selain itu, siswa juga tidak pernah diberikan soal-soal cerita dalam bentuk problem solving yang diselesaikan secara berkelompok. Akibatnya rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah menurut Polya, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan pendekatan pemecahan masalah menurut Polya pada materi persegi dan persegi panjang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 10 Jember tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan data dimulai pada tanggal 7 Mei 2013 sampai dengan 17 Mei 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model skema yang digunakan adalah model skema penelitian tindakan Hopkins dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Berdasarkan model skema penelitian tindakan Hopkins maka dikembangkan desain penelitian menggunakan prosedur kerja dari tindakan pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada setiap akhir siklus diberikan tes akhir untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi yang telah dipelajari. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisa data merupakan cara yang paling menentukan untuk menyusun dan mengolah data yang terkumpul, viii sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hasil penelitian ini adalah penerapan pendekatan pemecahan masalah menurut Polya materi persegi dan persegi panjang kelas VII B SMP Negeri 10 Jember tahun ajaran 2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa dan guru yang meningkat dari pembelajaran pada siklus I sampai siklus II. Pada pembelajaran siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 75,15% dan pada pembelajaran siklus II diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 92,28%. Sedangkan untuk persentase aktivitas guru pada pembelajaran siklus I diperoleh 87,17% dan pada pembelajaran siklus II diperoleh 97,43%. Selain itu, hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 58,33% meningkat menjadi 88,89% pada siklus II. Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa menunjukkan bahwa siswa menyukai pembelajaran yang diterapkan, yaitu penerapan pendekatan pemecahan masalah menurut Polya. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa penerapan pendekatan pemecahan masalah menurut Polya efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persegi dan persegi panjang. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa pada tiap siklusnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101068;
dc.subjectBelajaren_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH MENURUT POLYA MATERI PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 10 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record