• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH MENURUT POLYA MATERI PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 10 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    WIRDAH PRAMITA NASRUDDIN_1.pdf (276.7Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    WIRDAH PRAMITA NASRUDDIN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    INGKASAN “Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah Menurut Polya Materi Persegi dan Persegi Panjang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2012/2013”. Wirdah Pramita Nasruddin; 090210101068; 2013; 56 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika; Jurusan Pendidikan MIPA; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pada umunya pembelajaran matematika di sekolah masih berpusat pada guru, siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru bidang studi matematika di SMP Negeri 10 Jember diperoleh informasi bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika. Selain itu, siswa juga tidak pernah diberikan soal-soal cerita dalam bentuk problem solving yang diselesaikan secara berkelompok. Akibatnya rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah menurut Polya, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan pendekatan pemecahan masalah menurut Polya pada materi persegi dan persegi panjang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 10 Jember tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan data dimulai pada tanggal 7 Mei 2013 sampai dengan 17 Mei 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model skema yang digunakan adalah model skema penelitian tindakan Hopkins dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Berdasarkan model skema penelitian tindakan Hopkins maka dikembangkan desain penelitian menggunakan prosedur kerja dari tindakan pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada setiap akhir siklus diberikan tes akhir untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi yang telah dipelajari. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisa data merupakan cara yang paling menentukan untuk menyusun dan mengolah data yang terkumpul, viii sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hasil penelitian ini adalah penerapan pendekatan pemecahan masalah menurut Polya materi persegi dan persegi panjang kelas VII B SMP Negeri 10 Jember tahun ajaran 2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa dan guru yang meningkat dari pembelajaran pada siklus I sampai siklus II. Pada pembelajaran siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 75,15% dan pada pembelajaran siklus II diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 92,28%. Sedangkan untuk persentase aktivitas guru pada pembelajaran siklus I diperoleh 87,17% dan pada pembelajaran siklus II diperoleh 97,43%. Selain itu, hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 58,33% meningkat menjadi 88,89% pada siklus II. Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa menunjukkan bahwa siswa menyukai pembelajaran yang diterapkan, yaitu penerapan pendekatan pemecahan masalah menurut Polya. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa penerapan pendekatan pemecahan masalah menurut Polya efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persegi dan persegi panjang. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa pada tiap siklusnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9544
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3451]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository