dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penerapan biaya lingkungan
dalam customer value di Simply Fresh Laundry Jember. Sekaligus untuk menerapkan
rumusan perhitungan customer value yang tertera dalam Hariadi (2003:17).
Penelitian ini menggunakan pendekatan intepretif dengan metode studi kasus.
Subjek penelitian berjumlah 26 (dua puluh enam) orang, dimana 1 (satu) diantaranya
adalah pemilik laundry, dan yang 25 (dua puluh lima) orang adalah konsumen Simply
Fresh Laundry yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara dan dibantu dengan kuesioner yang dibagikan peneliti kepada subjek
penelitian. Data dianalisis secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, setelah dilakukan perhitungan maka
customer value menunjukkan angka 1,509 yang berarti bahwa konsumen telah merasa
puas akan manfaat fungsional yang berupa pelayanan ketika menggunakan jasa
laundry, dan manfaat emosional yang berupa kenyamanan dan kepuasan dalam
pemakaian hasil cuci laundry, melebihi harga beli dan biaya lain seperti biaya
lingkungan dan biaya penebusan voucher. Selanjutnya, penggunaan deterjen yang
ramah lingkungan yang telah dilakukan oleh Simply Fresh Laundry mampu
menambah nilai perusahaannya. Hal ini ditunjukkan oleh respon konsumen yang
menyatakan bahwa, konsumen memberikan nilai lebih untuk Simply Fresh Laundry
karena telah menggunakan deterjen ramah lingkungan. | en_US |