dc.description.abstract | Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan pada perusahaan
PT. So Good Food dan PT. Sinar Makmur Sejahtera Mandiri di Jember. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari tingkat kesadaran, etika dan CSR
terhadap keunggulan kompetitif perusahaan.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan cara
menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu Judgement Sampling. Jumlah
sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 karyawan yang berasal dari perusahaan
PT. So Good Food dan PT. Sinar Makmur Sejahtera Mandiri. Data yang diperoleh
kemudian di analisis menggunakan statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi
klasik dan uji hipotesis berupa analisis regresi linier.
Dengan menggunakan metode regresi, hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa tingkat kesadaran tidak berpengaruh positif dan juga tidak
signifikan terhadap keunggulan kompetitif perusahaan dengan nilai Sig. sebesar
0,562>0,05. Etika tidak berpengaruh positif dan juga tidak signifikan terhadap
keunggulan kompetitif perusahaan dengan nilai Sig. sebesar 0,554>0,05.
Sedangkan CSR berpengaruh positif dan juga signifikan terhadap keunggulan
kompetitif perusahaan dengan nilai Sig. sebesar 0,021<0,05. Angka Adjusted R
Square (R ) sebesar 0,201 menunjukkan bahwa 20,1% variasi keunggulan
kompetitif perusahaan dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen yang
digunakan dalam persamaan regresi, sedangkan sisanya sebesar 79,9% dijelaskan
oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Tingkat Kesadaran, Etika, CSR, Keunggulan Kompetitif | en_US |