PENENTUAN KONSENTRASI PEMASARAN ATAS DASAR ANALISIS KEUNTUNGAN PADA PT. COCA COLA BANYU ARGO SEMPUSARI - JEMBER
Author
Budi, Titis Bekti
Metadata
Show full item recordAbstract
Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan sebagai berikut
1. Besarnya laba sebelum bunga dan pajak yang diperoleh tahun 2000 untik daerah pamasaran Jember, jenis produk Coca Cola dengan ukuran 330 ml, sebesar Rp. 5.052.884.580,-. Sprite dengan ukuran 295 ml, sebesar Rp. 1.323.126.720,-. dan Fanta dengan ukuran 200 ml sebesar Rp. 776.603.760,-, daerah pemasaran Lumajang untuk jenis produk Coca Cola (330 ml), sebesar Rp. 2.885.865.630,- , Sprite sebesar (295 Rp. 822.180.450,-. dan Fanta (200 ml) sebesar Rp. 425.457.040,-.
2. Produk yang dikonsentrasikan untuk daerah pemasaran Jember adalah jenis produk Coca Cola (330 ml), yang telah memberi profit margin tertinggi sebesar 83 % dan tingkat efisiensi biaya pemasaran sebesar 3459,27 % ,Operating Ratio sebesar 0,17. Daerah pemasaran Lumajang adalah jenis produk Coca Cola (330 ml) yang memberikan profit margin sebesar 68,67 % dan tingkat efisiensi biaya pemasaran sebesar 492,02 % dan Operating Ratio sebesar 0,32.