PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPERCAYAAN SERTA PERCEIVED RISK TERHADAP MINAT MEMBELI ULANG KONSUMEN PADA FORUM BELANJA ONLINE LAZADA (Studi Pada Mahasiswa Universitas Jember)
Author
Pratiwi, Desi Dwi
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan globalisasi saat ini banyak merubah pola kehidupan kearah
yang lebih modern. Mudahnya mengakses internet serta memasarkan produk
melalui internet, dan banyaknya manfaat yang diberikan oleh internet seperti dapat
menjangkau pasar lebih luas. Penggunaan internet dapat dilakukan dimana saja,
kapan saja, hal ini karena mudahnya mengakses internet melalui handphone,
laptop, tablet, dan lain sebagainya. Banyaknya pengguna internet saat ini dapat
menjadi sebuah pasar yang potensial untuk dunia bisnis sendiri. Lazada adalah
perintis e-commerce di beberapa negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia
yang menawarkan pengalaman belanja online cepat, aman, dan nyaman Lazada
Indonesia merupakan top online retail di Indonesia. Lazada merupakan perusahaan
yang bergerak dalam bidang layanan jual beli online dan ritel e-commerce. Lazada
diluncurkan di Indonesia pada 15 Maret 2012 dan berkembang pesat hingga saat
ini.. Lazada.co.id adalah salah satu toko online terbaik yang hadir dengan konsep
produk yang lengkap dan kemudahan belanja online pesan antar.
Berdasarkan fenomena tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh kualitas layanan, dan kepercayaan, serta perceived risk
terhadap minat membeli ulang konsumen pada forum belanja online Lazada. Obyek
pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Jember yang pernah melakukan
pembelian minimal dua kali dan sampelnya seluruh populasi yaitu sebanyak 91 responden. Dalam kajian ini jumlah indikator variabel seluruhnya berjumlah 13.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi
linear berganda. Berdasarkan hasil Analisis Regresi Linear Berganda, kualitas
layanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat membeli
ulang konsumen pada forum belanja online Lazada. kepercayaan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat membeli ulang konsumen pada forum belanja
online Lazada. Perceived risk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
membeli ulang konsumen pada forum belanja online Lazada.