PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SDN 04 PURWODADI BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2010-2011
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar
melalui model Mind Mapping mata pelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi
siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Purwodadi Banyuwangi Tahun Pelajaran
2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 21 anak,
terdiri dari 10laki-laki dan 11 perempuan, Pengambilan data dalam penelitian ini
dilaksanakan di SDN 04 Purwodadi Banyuwangi, dimulai pada tanggal 08 Oktober
2011 sampai tanggal 20 Oktober 2011. Desain penelitian yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode
observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul di analisis
dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang di analisis adalah
aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.
Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh hasil analisis aktivitas belajar siswa
selama pembelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi menggunakan model
Mind Mapping pada pembelajaran pra siklus diperoleh 49,4% kemudian hasil analisis
pada pembelajaran siklus I sebanyak 54,4%, sehingga terjadi peningkatan sebanyak
5%, sedangkan pembelajaran dari siklus I mendapatkan prosentase aktivitas sebesar
54,4 dan pembelajaran siklus II memperoleh 66,1%, sehingga mengalami
peningkatan sebanyak 11,7%. Kemudian analisis hasil belajar Ilmu Pengetahuan
Sosial juga mengalami peningkatan yang sangat memuaskan, yaitu pada
pembelajaran pra siklus sebesar 33,3%, pembelajaran siklus I sebesar 66,7%,
sehingga terjadi peningkatan sebanyak 33,4%, sedangkan pembelajaran dari siklus I
sebesar 66,7% ke siklus II sebesar 85,7% mengalami peningkatan sebanyak 19%.
Pemerolehan hasil akhir dalam penelitian ini dinyatakan telah sesuai dengan yang
diharapkan oleh peneliti terbukti terbukti dengan hasil analisis aktivitas belajar siswa
selama pembelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi menggunakan model
Mind Mapping pada siklus II mencapai 66,1% yang termasuk kriteria cukup aktif,
sedangkan pada analisis hasil belajar siklus II mencapai 85,7% yang termasuk kriteria
sangat baik.