• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SDN 04 PURWODADI BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2010-2011

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (734.7Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    Martin Suwinda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar melalui model Mind Mapping mata pelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Purwodadi Banyuwangi Tahun Pelajaran 2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 21 anak, terdiri dari 10laki-laki dan 11 perempuan, Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN 04 Purwodadi Banyuwangi, dimulai pada tanggal 08 Oktober 2011 sampai tanggal 20 Oktober 2011. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang di analisis adalah aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh hasil analisis aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi menggunakan model Mind Mapping pada pembelajaran pra siklus diperoleh 49,4% kemudian hasil analisis pada pembelajaran siklus I sebanyak 54,4%, sehingga terjadi peningkatan sebanyak 5%, sedangkan pembelajaran dari siklus I mendapatkan prosentase aktivitas sebesar 54,4 dan pembelajaran siklus II memperoleh 66,1%, sehingga mengalami peningkatan sebanyak 11,7%. Kemudian analisis hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial juga mengalami peningkatan yang sangat memuaskan, yaitu pada pembelajaran pra siklus sebesar 33,3%, pembelajaran siklus I sebesar 66,7%, sehingga terjadi peningkatan sebanyak 33,4%, sedangkan pembelajaran dari siklus I sebesar 66,7% ke siklus II sebesar 85,7% mengalami peningkatan sebanyak 19%. Pemerolehan hasil akhir dalam penelitian ini dinyatakan telah sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti terbukti terbukti dengan hasil analisis aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi menggunakan model Mind Mapping pada siklus II mencapai 66,1% yang termasuk kriteria cukup aktif, sedangkan pada analisis hasil belajar siklus II mencapai 85,7% yang termasuk kriteria sangat baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9508
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository