PENGARUH IKLAN, CITRA MEREK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI SMARTPHONE MEREK OPPO DI KECAMATAN SUMBERSARI, KABUPATEN JEMBER
Abstract
Teknologi informasi dan komunikasi sudah menjadi elemen penting bagi
seluruh lapisan masyarakat dalam bersosialisasi dan berinteraksi. Hermawan
(2004) mengatakan bahwa teknologi yang menjadi pemenang dan berkembang
pesat adalah teknologi yang melayani dan mengkomodasi manusia secara
keseluruhan. Bukan sekedar teknologi canggih yang diciptakan untuk
“kecanggihan itu sendiri”.
Kebutuhan akan alat komunikasi untuk bersosialisasi dan berinteraksi
adalah menggunakan smartphone. Smartphone merupakan salah satu teknologi
yang berkembang dengan cepat dari tahun ketahun. Smartphone merupakan
teknologi modern yang didesain untuk memenuhi kebutuhan penggunanya
dalam berinteraksi dengan orang lain, fitur-fitur yang terdapat di dalamnya
membuat orang tertarik untuk menggunakannya sebagai media komunikasi
(Richard, 2008).
Dalam penelitian ini dapat dilihat pada produk smartphone merek OPPO,
yang merupakan salah satu merek smartphone ternama. Banyak orang yang telah
mengenal smartphone merek OPPO, iklan yang ada dimedia elektronik maupun
media cetak membuat OPPO semakin dikenal oleh masyarakat, selain itu citra
merek OPPO sangat melekat dibenak Konsumen. Produk smartphone merek
OPPO adalah produk yang mempunyai harga yang dapat dijangkau oleh
masyarakat luas dan sesuai dengan kualitas yang diberikan.
Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Sumber Sari Kabupaten
Jember yang telah membeli smartphone merek OPPO. Penentuan sampel
dilakukan dengan metode purposive sampling, dimana dalam metode tersebut
ditetapkan kriteria-kriteria tertentu yaitu: Responden adalah masyarakat yang
bertempat tinggal di Kecamatan Sumber Sari, Responden yang membeli
smartphone merek OPPO, Responden berusia ≥ 17 tahun karena pada usia
tersebut responden sudah cukup mengerti serta dapat menanggapi masing-masing
pernyataan dalam kuesioner penelitian dengan baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh iklan, citra merek, dan
harga terhadap keputusan membeli dan menunjukkan hubungan yang signifikan
positif. Ini membuktikkan bahwa iklan dan citra merek yang baik memberikan
penilaian terhadap keputusan membeli. Dan harga yang sesuai dengan kualitas
produk dapat memberikan penilaian terhadap keputusan membeli.