PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THE BODY SHOP PADA KONSUMEN TUNJUNGAN PLAZA KOTA SURABAYA
Author
Putra, Ivan Kharisma
Metadata
Show full item recordAbstract
ini kesadaran masyarakat terhadap lingkungan hidup mulai
meningkat setelah melihat kondisi kerusakan lingkungan yang terjadi.
Pemasaran yang berbasis pada kelestarian lingkungan “environmental marketing”
merupakan perkembangan baru dalam bidang pemasaran, dan merupakan suatu
peluang yang potensial dan strategis yang memiliki keuntungan ganda (Multiplier
effect) baik pelaku bisnis maupun masyarakat sebagai pengguna. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh green marketing terhadap
keputusan pembelian produk The Body Shop.
Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian penjelasan (explanatory
research). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang
mengetahui produk The Body Shop. Sampel dalam penelitian ini adalah
sebagian pelanggan yang membeli dan menggunakan produk kecantikan dan
kesehatan The Body Shop di Tunjungan Plaza Kota Surabaya sesuai dengan
kriteria yang ditentukan sehingga sampling yang digunakan adalah porpusive
sampling.
Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh atau tidak ada pengaruh secara
variabel Green Product (X1), Green price (X2), Green place (X3), Green
promotion (X4), Green Cosmetic (X5) terhadap Keputusan pembelian (Y) dengan
nilai Ftabel = 2.28 sedangkan nilai Fhitung = 29.730. Secara bersama-sama
memberikan kontribusi sebesar 50.8% terhadap Keputusan pembelian (Y),
sedangkan sisanya sebesar 49.2% merupakan sumbangan/kontribusi variabel lain
yang tidak diamati dalam penelitian ini. Secara parsial Green Product (X1), Green
price (X2), Green place (X3), Green promotion (X4), Green Cosmetic (X5)
terhadap Keputusan pembelian (Y) dengan nilai thitung (2.017, 2.788, 2.199, 2.378,
2.942) > ttabel (1.97783), dengan persamaan Y= 9.202+ 0.171X1 + 0.211X2+
0.166X3+ 0.178X4+ 0.232X5
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara
parsial dan simultan Green Product (X1), Green price (X2), Green place (X3),
Green promotion (X4), Green Cosmetic (X5) terhadap Keputusan pembelian (Y)