• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA”

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (119.5Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    Kristina Kumalasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Tembokrejo mulai tanggal 10 Maret 2011 sampai 26 Maret 2011 dengan subjek penelitiannya adalah semua siswa kelas VA dan VB SDN 2 Tembokrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Ekperimental dengan menggunakan metode pengumpulan data antara lain tes, observasi, dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data digunakan: Uji ttes untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara yang menggunakan media manipulatif dan yang menggunkan media gambar; ketuntasan hasil belajar siswa digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar pada kelas yang menggunakan media manipiulatif dan kelas yang menggunakan media gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ttes yang diperoleh sebesar thiting = 5,978 sedang ttabel = 1.99867, sehingga thitung > ttabel maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA menggunakan media manipulatif dan media gambar di SDN 2 Tembokrejo. Pada ketuntasan belajar siswa selama mengikuti pembelajaran IPA dengan menggunakan media manipulatif sebesar 84,8% sedangkan ketuntasan belajar siswa selama mengikuti pembelajaran IPA dengan menggunakan media gambar sebesar 78,7%. Berdasarkan hasil belajar siswa tersebut di atas, maka dapat diartikan bahwa penelitian menggunakan media manipulatif lebih bagus dalam meningkatkan hasil belajar siswa karena hasil belajar siswa terbilang sangat tuntas. Kesimpulan pada penelitian ini adalah: 1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan media manipulatif dengan hasil belajar yang menggunakan media gambar; 2) Ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan media manipulatif sebesar 84,8% dengan rata-rata nilai 74,81 dimana 5 siswa tidak tuntas secara perorangan; 3) Ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar sebesar 78,7% dengan rata-rata nilai 68,15 dimana 7 siswa tidak tuntas .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9490
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository