PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PT JEMBER INTERMEDIAPERS (SURAT KABAR HARIAN RADAR JEMBER)
Author
Dwimeyriana, Afrin
Metadata
Show full item recordAbstract
Media informasi kini telah menemukan kekuatannya sebagai media
informasi yang mampu menyajikan berita sebagai kontrol sosial yang tidak
terpaku pada masaIah pemberitaan lokaI tetapi mencakup internasional. Surat
kabar juga memainkan peran penting sebagai fasilitator perdagangan,
mempromosikan konsumerisme melalui iklan, dan menjalankan berbagai
kepentingan bisnis pemodal/pemiliknya. Sebagai sistem ekonomi, industri
suratkabar mencakup dua kegiatan utama: produksi dan konsumsi (Albarran,
1996).
Persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Tidak terkecuali dengan industri
media surat kabar, persaingan tidak hanya dialami oleh para penerbit surat kabar
kelas atas dengan skala nasional seperti Kompas, Republika, Media Indonesia tapi
juga dialami oleh surat kabar lokal seperti surat kabar harian Radar Jember,
dibawah PT.Jember Interpress Media. sebagai penerbit Surat Kabar Harian Radar
Jember memenuhi tuntutan dari Jember, Lumajang, dan Bondowoso memerlukan
wadah atau tempat penyaluran aspirasi. Seiring dengan perkembangan zaman
maka saat ini banyak bermunculan berbagai jenis media massa baik cetak maupun
elektronik, sebagai wadah penyalur infomasi, guna dapat memikat perhatian para
pembaca koran di Kabupaten Jember dan sekitarnya
Tujuan penelitian ini untuk menentukan strategi pemasaran yang dapat
diterapkan pada PT.Jember Intermedia Pers ( Surat Kabar Harian Radar Jember )
dalam rangka untuk menghadapi persaingan.Teknis Penentuan Strategi Pemasaran
yang digunakan adalah analisis SWOT, yaitu penelitian tentang lingkungan yang
dari hasil penelitian tersebut dapat dijadikan sebagai dasar atau acuan untuk
menetapkan strategi dengan mengetahui kekuatan,kelemahan,ancaman dan
peluang dari perusahaan,maka penetapan strategi pemasaran merupakan upaya
perusahaan dalam mempertahankan kekuatan dan peluang serta berusaha
memperbaiki dan membuang ancaman perusahaan.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka kesimpulan yang dapat
diambil atas penentuan strategi pemasaran melalui analisis SWOT dengan
melakukan analisis faktor internal dan faktor eksternal pada PT Jember
Intermedia Pers, memilih strategi pemasaran menggunakan strategi yang Growth,
yaitu perusahaan harus lebih giat dalam mengatasi perkembangan pasar, dalam
lingkungan yang dinamis harus terus bertumbuh agar dapat bertahan, dengan
peluang dan kekuatan yang dimiliki.