Show simple item record

dc.contributor.authorIta Undziratul Laila
dc.date.accessioned2013-12-17T06:29:09Z
dc.date.available2013-12-17T06:29:09Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM080210204226
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9484
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan tanggal 1-4 Juni 2011 untuk melakukan siklus I dan tanggal 7-9 Juni 2011 untuk melaksanakan siklus II. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes individu. Rata-rata aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 29,05% (kategori tidak aktif) dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 88,64% (kategori sangat aktif). Ketuntasan belajar siswa juga meningkat pada siklus I mencapai 68%, dimana 30 siswa dapat dikatakan tuntas dan 14 siswa belum tuntas. Pada siklus II mencapai 91%, dimana 40 siswa dapat dikatakan tuntas dan 4 siswa belum tuntas. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran Talking Stick Berbasis Teori Belajar Bruner pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Serta berdasarkan KKM mata pelajaran matematika yang telah ditetapkan di SDN Tegalrejo 01 hasil belajar siswa dapat dikatan tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) pelaksanaan pembelajaran Talking Stick berbasis teori belajar Bruner dengan materi penjumlahan dan pengurangan berjalan dengan baik, siswa terlihat aktif pada saat melakukan percobaan dengan menggunakan alat peraga dan menemukan konsep sendiri dengan menggunakan alat peraga tersebut; (2) aktivitas siswa selama pembelajaran Talking Stick Berbasis Teori Belajar Bruner pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan mengalami peningkatan dan termasuk pada kategori aktivitas siswa yang sangat aktif; (3) hasil belajar siswa selama pembelajaran Talking Stick Berbasis Teori Belajar Bruner pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan mengalami peningkatan dan sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal. Saran yang bisa diberikan yakni model pembelajaran Talking Stick berbasis teori belajar Bruner dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam melakukan pembelajaran matematika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204226;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Talking Stick, Bruneren_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER PADA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS I SDN TEGALREJO 01 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record