MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER PADA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS I SDN TEGALREJO 01 JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilakukan tanggal 1-4 Juni 2011 untuk melakukan siklus I dan
tanggal 7-9 Juni 2011 untuk melaksanakan siklus II. Data yang dikumpulkan dalam
penelitian ini berupa aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes individu. Rata-rata
aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 29,05% (kategori tidak aktif) dan
mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 88,64% (kategori sangat aktif).
Ketuntasan belajar siswa juga meningkat pada siklus I mencapai 68%, dimana 30
siswa dapat dikatakan tuntas dan 14 siswa belum tuntas. Pada siklus II mencapai
91%, dimana 40 siswa dapat dikatakan tuntas dan 4 siswa belum tuntas. Ini
menunjukkan bahwa pembelajaran Talking Stick Berbasis Teori Belajar Bruner pada
Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa. Serta berdasarkan KKM mata pelajaran matematika yang telah
ditetapkan di SDN Tegalrejo 01 hasil belajar siswa dapat dikatan tuntas.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) pelaksanaan pembelajaran Talking
Stick berbasis teori belajar Bruner dengan materi penjumlahan dan pengurangan
berjalan dengan baik, siswa terlihat aktif pada saat melakukan percobaan dengan
menggunakan alat peraga dan menemukan konsep sendiri dengan menggunakan alat
peraga tersebut; (2) aktivitas siswa selama pembelajaran Talking Stick Berbasis Teori
Belajar Bruner pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan mengalami
peningkatan dan termasuk pada kategori aktivitas siswa yang sangat aktif; (3) hasil
belajar siswa selama pembelajaran Talking Stick Berbasis Teori Belajar Bruner pada
Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan mengalami peningkatan dan sesuai
Kriteria Ketuntasan Minimal. Saran yang bisa diberikan yakni model pembelajaran
Talking Stick berbasis teori belajar Bruner dapat dijadikan sebagai salah satu
alternatif bagi guru dalam melakukan pembelajaran matematika.