PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN PAKET PADA PT JNE EXPRESS CABANG JEMBER DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Perkembangan Teknologi memberikan dampak terhadap bidang ekonomi
terutama dalam bidang jasa seperti yang sudah terjadi jual beli online, bisnis
online, onlineshop ojek online dan lainnya. Semakin berekembangnya zaman di
era modern saat ini banyak masyarakat yang sebagai konsumen maupun
pelanggan membutuhkan kenyamanan yang efektif dan efisien dalam memilih
produk jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Bisnis ekspedisi atau lebih sering
disebut pengiriman merupakan bisnis yang terkena dampak positif dari
perkembangan ekonomi yang berbasis teknologi. Didasari dengan fenomena
semakin maraknya setiap individu yang memakai teknologi dalam menunjang
bisnis maupun keperluan pribadinya. Seperti bisnis online yang konsumennya
tersebar luas pastilah membutuhkan jasa pengiriman paket untuk mengantarkan
pesananan pelanggannya. Sehingga peluang dalam bisnis pengiriman juga
samakin besar, namun tingkat persaingan didalamnya juga semakin ketat, karena
bermunculan perusahaan-perusahaan jasa pengiriman baru. Dengan banyaknya
perusahaan pengiriman maka semakin banyak pilihan masyarakat. Sehingga
dengan adanya hal tersebut perusahaan harus memiliki strategi untuk
mendapatkan dan mempertahankan pelanggannya. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengalisis pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap
loyalitas pelanggan pengguna jasa pengiriman paket pada PT JNE Express
Cabang Jember dengan kepuasan sebagai variabel intervening.
Obyek pada penelitian ini adalah pelanggan pengguna jasa pengiriman
paket PT JNE Express Cabang Jember. Dengan populasi pada penelitian ini
adalah semua pelanggan JNE Express Cabang Jember. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan JNE Express Cabang Jember yang berdomisili di
Jember baik tetap maupun sementara, berumur minimal 18 tahun dan telah
melakukan pengiriman paket minimal 2 kali, dengan jumlah sampel dalam
penelitian ini adalah 120 responden, yang diperoleh dari seluruh variabel indikator
yang digunakan dikalikan dengan 8. Dalam kajian ini jumlah indikator seluruhnya
berjumlah 15. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis jalur, untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung dari
masing-masing variabel. Hasil dari penelitin ini menunjukkan bahwa variabel kepercayaan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel kualitas pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel kepercayaan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, variabel kualitas pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, serta variabel kepuasan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.