Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Tingkat Kepuasan Pelanggan Pt. Saluran Bintang Cemerlang Televisi Jatim
Author
Claudya, Silvyana
Metadata
Show full item recordAbstract
Persaingan yang ketat dalam dunia bisnis menuntut perusahaan untuk terus
berinovasi, terlebih lagi pada perusahaan jasa seperti PT. Saluran Bintang
Cemerlang Televisi JATIM yang setiap waktu dituntut untuk terus berkembang
dan mengeluarkan produk-produk baru yang berkualitas, inovatif dan bisa
memberik kepuasan terhadap pelanggan selaku pemirsa. Sebagai salah satu stasiun
Televisi Lokal yang bergerak dalam dunia broadcasting, PT. Saluran Bintang
Cemerlang Televisi JATIM merupakan televisi yang dimana program acara yang
ditayangkan bisa menjadi wadah bagi konten-konten lokal khususnya di daerah
Kabupaten Jember dan sekitarnya. Seluruh tayangan program acara pada PT.
Saluran Bintang Cemerlang Televisi JATIM terdiri dari lima kelompok program,
yaitu: kelompok program acara Berita, Hiburan, Pendidikan, Religi, dan Olahraga.
Seorang pelanggan dari PT. SBCTV JATIM juga bertindak sebagai pemirsa hal
ini dikarenakan hanya orang yang bergabung dan berlangganan slauran pada PT.
Saluran Bintang Cemerlang Televisi JATIM sajalah yang berhak dan bisa
menikmati seluruh tayangan programa acara pada PT. Saluran Bintang Cemerlang
Televisi JATIM.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor
yang memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan terhadap tayangan program acara
pada PT. Saluran Bintang Cemerlang Televisi JATIM. Terdapat dua puluh lima
faktor-faktor yang akan diteliti diantaranya adalah berita bermuatan unsur
5W+1H, tayangan gambar yang jelas, audio yang jernih, terdapatnya muatan
konten lokal, hiburan yang dikemas dengan menarik, penerapan wawasan islami
dalam kehidupan sehari-hari, tayangan religi yang sesuai tuntunan al-qur’an,
pendidikan yang bermuatan mendidik, pendidikan yang menghibur dan mendidik
bagi anak-anak, olahraga yang berisi informasi yang akurat, performa tayangan
yang memenuhi persepsi konsumen, kejelasan konsep tayangan program acara,
kesesuaian harga dengan performa, harga iuran berlangganan terjangkau, wilayah
jangkauan menyebar, kru yang profesional, presenter mampu menguasai program
acara, informasi yang lengkap, fungsi optimal dari modulator, fungsi optimal dari
booster, dan pelayanan local operator yang prima. Penelitian ini adalah penelitian
ekplanatori dengan menggunakan sampel sebanyak 125 responden dengan
menggunakan analisis fakto yang kemudian dilanjutkan dengan metode analisis
berganda. Hasil dari penelitian ini adalah diperolehnya 6 faktor memengaruhi
tingkat kepuasan pelanggan pad PT. SBCTV JATIM yang berasal dari 25 variabel
yang diteliti.