dc.description.abstract | Dunia Perbankan di Indonesia mengalami suatu persaingan yang sangat ketat, dalam hal ini di
Indonesia terdapat dua jenis bank yaitu Bank Konvensional dan Bank Syariah. Bank Konvensional
adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional yang dalam kegiatannya memberikan
jasa dalam lalu lintas pembayaran. Bank umum memiliki peranan yang strategis dalam menyelaraskan
dan menyeimbangkan unsur-unsur pemerataan pembangunan dan hasil - hasil pembangunan, pertumbuhan
ekonomi dan stabilitas nasional guna menunjang pelaksanaan pembangunan nasional, sedangkan Bank
Syariah adalah bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam, maksudnya adalah
bank yang dalam operasinya mengikuti ketentuan-ketentuan syariah Islam, khususnya yang menyangkut
tata cara muamalah secara Islam.
Penelitian ini dilakukan pada Bank Muamalat Kantor Cabang Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahu dan menganalisis besarnya kontribusi pengaruh marketing syariah dibanding reputasi
bank terhadap kepuasan nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat Kantor
Cabang Jember. Metode sampling yang digunakan adalah metode populasi dan sampel dengan jumlah
responden sebanyak 114 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data
sekunder. Data tersebut diperoleh dari dokumen Bank Muamalat Kantor Cabang Jember dan penyebaran
kuisioner. Alat analisis yang digunakan adalah analisis Structural Equation Model (SEM).
Sesuai penelitian yang dilakukan bahwa kontribusi terbesar pengaruh antara marketing syariah
dibanding reputasi bank terhadap kepuasan nasabah yaitu reputasi dari bank. Hal ini menunjukkan
bahwa Bank Muamalat Kantor Cabang Jember memiliki ciri khas yang berbasis syariah atau islami, dari
brand
tersebut masyarakat lebih penasaran serta melihat dari pencapaian prestasi Bank Muamalat yang patut
diapresiasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1); Marketing Syariah berpengaruh signifikan terhadap reputasi
Bank Muamalat Kantor Cabang Jember, menunjukkan bahwa marketing syariah mampu membangun reputasi
yang baik bagi Bank Muamalat Kantor Cabang Jember; 2); Marketing syariah berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Jember, menunjukkan bahwa marketing syariah
mampu menarik minat nasabah untuk bertransaksi secara aman dengan resiko lebih kecil saat
menghadapi krisis moneter; 3); Reputasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank
Muamalat Kantor Cabang Jember, menunjukkan bahwa reputasi bank menjadi tolok ukur nasabah
membandingkan dengan bank lain dilihat dari prestasi Bank Muamalat Kantor Cabang Jember yang
semakin meningkat; 4); Kontribusi pengaruh terbesar adalah reputasi bank terhadap nasabah Bank
Muamalat Kantor Cabang Jember dibandingkan dengan metode marketing syariah, hal ini menunjukkan
bahwa reputasi bank mampu mengikat masyarakat khususnya nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Jember
untuk selalu menerima dan puas atas kinerjannya selama ini. | en_US |