KONTRIBUSI PENGARUH MARKETING SYARIAH DAN REPUTASI BANK TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK MUAMALAT KANTOR CABANG JEMBER
Author
ULAA, Sofhiatuz Zahrotul
Metadata
Show full item recordAbstract
Dunia Perbankan di Indonesia mengalami suatu persaingan yang sangat ketat, dalam hal ini di 
Indonesia terdapat dua jenis bank yaitu Bank Konvensional dan Bank Syariah. Bank Konvensional 
adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional yang dalam kegiatannya memberikan 
jasa dalam lalu lintas pembayaran. Bank umum memiliki peranan yang strategis dalam menyelaraskan 
dan menyeimbangkan unsur-unsur pemerataan pembangunan dan hasil - hasil pembangunan, pertumbuhan 
ekonomi dan stabilitas nasional guna menunjang pelaksanaan pembangunan nasional, sedangkan Bank 
Syariah adalah bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam, maksudnya adalah 
bank yang dalam operasinya mengikuti ketentuan-ketentuan syariah Islam, khususnya yang menyangkut 
tata cara muamalah secara Islam.
Penelitian ini dilakukan pada Bank Muamalat Kantor Cabang Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah 
untuk mengetahu dan menganalisis besarnya kontribusi pengaruh marketing syariah dibanding reputasi 
bank terhadap kepuasan nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat Kantor 
Cabang Jember. Metode sampling yang digunakan adalah metode populasi dan sampel dengan jumlah 
responden sebanyak 114 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data 
sekunder. Data tersebut diperoleh dari dokumen Bank Muamalat Kantor Cabang Jember dan penyebaran 
kuisioner. Alat analisis yang digunakan adalah analisis Structural Equation Model (SEM).
Sesuai penelitian yang dilakukan bahwa kontribusi terbesar pengaruh antara marketing syariah 
dibanding reputasi bank terhadap kepuasan  nasabah yaitu reputasi dari bank. Hal ini menunjukkan 
bahwa Bank Muamalat Kantor Cabang Jember memiliki ciri khas yang berbasis syariah atau islami, dari 
brand
tersebut masyarakat lebih penasaran serta melihat dari pencapaian prestasi Bank Muamalat yang patut 
diapresiasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1); Marketing Syariah berpengaruh signifikan terhadap reputasi 
Bank Muamalat Kantor Cabang Jember, menunjukkan bahwa marketing syariah mampu membangun reputasi 
yang baik bagi Bank Muamalat Kantor Cabang Jember; 2); Marketing syariah berpengaruh signifikan 
terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Jember, menunjukkan bahwa marketing syariah 
mampu menarik minat nasabah untuk bertransaksi secara aman dengan resiko lebih kecil saat 
menghadapi krisis moneter; 3); Reputasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank 
Muamalat Kantor Cabang Jember, menunjukkan bahwa reputasi bank menjadi tolok ukur nasabah 
membandingkan dengan bank lain dilihat dari prestasi Bank Muamalat Kantor Cabang Jember yang 
semakin meningkat; 4); Kontribusi pengaruh terbesar adalah reputasi bank terhadap nasabah Bank 
Muamalat Kantor Cabang Jember dibandingkan dengan metode marketing syariah, hal ini menunjukkan 
bahwa reputasi bank mampu mengikat masyarakat khususnya nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Jember 
untuk selalu menerima dan puas atas kinerjannya selama ini.
