PENGARUH BAURAN PEMASARAN DALAM BISNIS KONVEKSI CLOTHING KARIKATUR BALI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PT. EKA JAYA MAKMUR BALI
Author
PRANAJAYA, Gde Made
Metadata
Show full item recordAbstract
Persaingan yang ketat menuntut perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis harus terus melakukan
inovasi, salah satunya yaitu perusahaan konveksi yaitu pada perusahaan PT. Eka Jaya Makmur Bali
yang setiap waktu dituntut untuk terus berkembang mengeluarkan produk-produk baru yang
berkualitas dan inovatif yang dapat memberikan kepuasan kepada konsumen atau pelanggan. Kita
ketahui bahwa Pulau Bali merupakan destinasi wisata yang termasuk memilik angka pengunjung
terbanyak di dunia. Sebagai salah satu perusahaan yang memproduksi produk oleh-oleh khas
Bali yaitu baju, celana, topi, pernak-pernik, patung, lukisan, dan ukiran/pahatan. Perusahaan Eka
Jaya Makmur Bali bertujuan untuk menaikkan minat wisatawan terhadap destinasi wisata
Bali lewat kreatifitas-kreatifitas dari hasil produksi tersebut. Perusahaan ini juga bertujuan
untuk mengurangi angka pengangguran denga membuka lapangan kerja bagi orang-orang setempat
yang tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi untuk bekerja di perusahaan ini. Eka Jaya
Makmur memiliki tiga outlet yang terdiri dari outlet 1 Abiasemal Badung, outlet 2 Sanur, dan outlet
3 Canggu Kuta Utara. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah faktor-faktor dari
bauran pemasaran khususnya yaitu produk (product) yang memiliki tiga indikator yaitu kualitas
produk, daya tahan produk, dan desain, harga (price) yang memiliki tiga indikator yaitu
keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas, dan daya saing harga, tempat (place) yang
memiliki tiga indikator yaitu kelancaran akses, jangkauan lokasi, dan tempat strategis, dan
yang terakhir adalah promosi (promotion) yang memiliki tiga indikator yaitu penjualan tatap
muka, periklanan, dan promosi penjualan memengaruhi tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen yang
berbelanja di perusahaan ini. Penelitian ini adalah penelitian ekplanatori dengan menggunakan
sampel sebanyak 126 responden dengan menggunakan alat analisi SEM (Structual Equation Model).
Responden adalah konsumen yang membeli produk baji di outlet dan konsumen yang bukan dari agen
travel atau perjalanan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya variabel yang berpengaruh
signifikan sebanyak lima variabel dari sembilan variabel yang diteliti terhadap kepuasan dan
loyalitas konsumen pada PT. Eka Jaya Makmur Bali. Dalam hasil penelitian ini ada satu variabel
yang paling dominan berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap kepuasan dan loyalitas
konsumen PT. Eka Jaya Makmur Bali.