• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PENERAPAN ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM SEBAGAI ALTERNATIF DALAM MENENTUKAN BIAYA SATUAN (UNIT COST) (Studi Kasus Pada SMK (SMEA) Taman Siswa 1 Probolinggo Tahun Akademik 2016/2017)

    Thumbnail
    View/Open
    Rovynanto Sitanggang.pdf (4.582Mb)
    Author
    Sitanggang, Rovynanto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Era otonomi mengakibatkan terjadinya persoalan bagi sekolah dalam menjamin anggaran sekolah, sumber daya manusia yang bermutu, dan ketersediaan sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan manajemen sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan ilustrasi kepada manajemen sekolah tentang pembebanan biaya operasional sekolah yang berkaitan dengan penentuan biaya satuan per siswa menggunakan metode yang selama ini diterapkan sekolah dan metode Activity Based Costing System (ABCS) untuk mengetahui prosedur perhitungan, perbedaan, kelemahan, serta kelebihan masing-masing metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya satuan per siswa dengan perhitungan menggunakan metode sekolah sebesar Rp 315.705,93 per bulan untuk semua siswa, sedangkan dengan metode Activity Based Costing System (ABCS) yakni untuk Paket keahlian Adm. Perkantoran kelas X sebesar Rp 326.335,12, Kelas XI sebesar Rp 306.859,54, dan kelas XII sebesar Rp 239.314,96 serta untuk paket keahlian Akuntansi kelas kelas X sebesar Rp 309.578,01, Kelas XI sebesar Rp 300.882,41, dan kelas XII sebesar Rp 231.604,90. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa SMK (SMEA) Taman Siswa 1 Probolinggo dianggap sesuai dalam menghitung besarnya biaya satuan per siswa sehingga kebutuhan masih dapat terkendali, namun dengan menggunakan model ABCS maka sekolah dapat menelusuri biaya pada aktivitas yang dilakukan antar tingkat dan paket keahlian yang harus diidentifikasi sesuai konsumsinya masing-masing sehingga biaya yang dibebankan per tingkat dan paket keahlian berbeda serta sekolah dapat merencanakan anggaran secara tepat, terperinci, dan terprogram.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94677
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12397]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository