PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA, PROMOSI DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN KONSUMEN KOSMETIK WARDAH PADA MAHASISWI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin canggih mempengaruhi semua
aspek kehidupan manusia yang juga mempengaruhi pola pikir konsumen pada
suatu produk, terutama produk kosmetik. Kosmetik pada saat merupakan
kebutuhan pokok bagi kaum wanita, pertumbuhan pembelian kosmetik di
Indonesia meningkat 20% pertahunnya yang memicu beredarnya kosmetik
berbahaya senilai Rp 32 miliar. Fenomena tersebut mengharuskan perusahaan
kosmetik untuk dapat mengkomunikasikan bahwa produknya aman dan dapat
digunakan untuk jangka panjang melalui semua alat pemasaran.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand
image, harga, promosi dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian dan
kepuasan konsumen kosmetik Wardah pada mahasiswi di Kabupaten Jember.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian explanatory research. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive
Sampling. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah
sebanyak 120 responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak
6 (enam) variabel yang terdiri dari 4 variabel independen, satu variabel dependen
dan satu variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
mahasiswi di Kabupaten Jember yang menggunakan kosmetik Wardah. Skala
pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Metode analisis yang
digunakan adalah analisis regresi dengan pendekatan konfirmatori menggunakan
software Analisys Of Moment Structure (AMOS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Brand image produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen kosmetik Wardah di
Kabupaten Jember. 2) Harga produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian konsumen kosmetik Wardah di Kabupaten Jember. 3) Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen kosmetik
Wardah di Kabupaten Jember. 4) Saluran distribusi berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian konsumen kosmetik Wardah di Kabupaten Jember.
5) Brand image produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen
kosmetik Wardah di Kabupaten Jember.6) Harga produk berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan konsumen kosmetik Wardah di Kabupaten Jember. 7) Promosi
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen kosmetik Wardah di
Kabupaten Jember. 8) Saluran distribusi berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan konsumen kosmetik Wardah di Kabupaten Jember. 9) Keputusan
pembelian berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen kosmetik Wardah
di Kabupaten Jember.