KOMPARASI PENGARUH LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPERCAYAAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PRODUK TAS ELIZABETH DI WILAYAH KOTA JEMBER
Author
Sari, Evrylia Tri Purnama
Metadata
Show full item recordAbstract
Pemasaran (marketing) sebagai salah satu fungsi dalam perusahaan
semakin meningkat dan penting peranannya dalam mencapai sasaran perusahaan.
Hal ini disebabkan oleh persaingan yang semakin tajam, dalam beberapa tahun
belakangan ini persaingan-persaingan yang agresif, dalam pasar-pasar yang sama
untuk merek-merek produk yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk
mengkomparasikan pengaruh langsung dan tidak langsung antara merek, kualitas
produk terhadap kepercayaan pelanggan dan loyalitas pelanggan pada sebuah
produk merek tas Elizabeth di Wilayah Kota Jember.
Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian penjelasan (explanatory
research). Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui secara pasti sehingga
pengambilan sampel ditentukan jumlahnya dengan cara indikator dikalikan 15
parameter sehingga sampel (n) = 7 × 15 = 105, sementara pengambilan sampel
ditentukan dengan purposive sampling yaitu pelanggan tas Elizabeth di Wilayah
Kota Jember. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner sementara analisis data
yang digunakan adalah analisis SEM
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh lansung merek terhadap
loyalitas pelanggan sebesar 0,267 sementara pengaruh tidak lansung merek
terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,443 melalui kepercayaan pelanggan. Hal
ini menjelaskan bahwa pengaruh tidak langsung lebih tinggi dari pada pengaruh
lansung, artinya dalam membentuk loyalitas memerlukan peranan dari merek dan
kepercayaan karena jika hanya merek tanpa kepercayaan maka loyalitas
pelanggan lebih rendah. Pengaruh lansung kualitas terhadap loyalitas pelanggan
sebesar 1,022 sementara pengaruh tidak lansung kualitas terhadap loyalitas
sebesar 0,049 melalui kepercayaan. Hal ini menjelaskan bahwa pengaruh
langsung lebih tinggi dari pada pengaruh tidak lansung, artinya dalam membentuk
loyalitas memerlukan peranan dari kualitas yang baik.
Kesimpulan dari penelitian in bahwa merek dan kualitas produk
berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan dan loyalitas pelanggan produk tas
Elizabeth di wilayah Kota Jember