Show simple item record

dc.contributor.advisorSURATNO
dc.contributor.advisorMUDAKIR, H. Imam
dc.contributor.authorNUGROHO, Enki Dani
dc.date.accessioned2019-11-20T06:53:53Z
dc.date.available2019-11-20T06:53:53Z
dc.date.issued2018-07
dc.date.submitted
dc.identifier.nimNIM150220104003
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94485
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan tahap-tahap penelitian Borg & Gall (1893) sampai pada tahap revisi hasil uji efektivitas kelompok besar terbatas, yang menghasilkan produk berupa model pembelajaran. Tahap uji efektivitas kelompok kecil dan tahap uji efektivitas kelompok besar terbatas menggunakan rancangan penelitian one group pre-test and post-test, dengan subjek penelitian yang terdiri dari siswa/siswi kelas 7A dan 7B MTs Negeri 11 Jember yang sedang menempuh mata pelajaran IPA pada semester genap tahun akademik 2017/2018. Subjek uji coba efektivitas model pembelajaran tersebut dipilih secara acak setelah melalui uji Levene atau uji homogenitas terhadap nilai ulangan harian mata pelajaran IPA pada bab atau materi sebelumnya, dari seluruh kelas 7. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Oktober hingga Desember 2017. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes tertulis, angket serta data validitas. Data uji validitas diperoleh dari hasil pengisian angket penilaian validasi oleh validator ahli, data uji kepraktisan diperoleh dari hasil pengisian lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh observer, serta data uji efektivitas diperoleh dari hasil pengisian angket respon terhadap pembelajaran; lembar tes; dan lembar Metacognitive Awareness Inventory (MAI) oleh siswa. Data hasil uji validitas, kepraktisan, serta efektivitas respon siswa dianalisis menggunakan rumus persentase. Data hasil uji efektivitas terhadap kemampuan kognitif dan metakognitif siswa dianalisis menggunakan rumus N-gain. Hasil uji validitas menunjukkan rerata persentase validitas silabus mencapai 85,7% dengan kategori sangat valid, rerata persentase validitas RPP mencapai 87,5% dengan kategori sangat valid, rerata persentase validitas soal tes mencapai 85,2% dengan kategori sangat valid, rerata persentase validitas buku pengantar pembelajaran mencapai 80,0% dengan kategori valid, serta rerata persentase validitas keterbacaan MAI mencapai 80,0% dengan kategori valid. Kemudian hasil uji kepraktisan menunjukkan rerata persentase keterlaksanaan pembelajaran pada tahap uji efektivitas kelompok kecil terbatas mencapai 96,2% dengan kategori sangat praktis dan rerata persentase keterlaksanaan pembelajaran pada tahap uji efektivitas kelompok besar terbatas mencapai 96,2% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas menunjukkan rerata persentase respon siswa terhadap pembelajaran pada tahap uji efektivitas kelompok kecil terbatas mencapai 72,4% dengan kategori baik dan rerata persentase respon siswa terhadap pembelajaran pada tahap uji efektivitas kelompok besar terbatas mencapai 80,2% dengan kategori baik, rerata skor N-gain kemampuan kognitif siswa pada tahap uji efektivitas kelompok kecil terbatas mencapai 0,75 dengan kategori tinggi dan rerata skor N-gain kemampuan kognitif siswa pada tahap uji efektivitas kelompok besar terbatas mencapai 0,82 dengan kategori tinggi.Rerata skor N-gain kemampuan metakognitif siswa pada tahap uji efektivitas kelompok kecil terbatas aspek pengetahuan tentang kognisi mencapai 0,48 dengan kategori sedang dengan rerata skor N-gain kemampuan metakognitif siswa pada tahap uji efektivitas kelompok kecil terbatas aspek regulasi tentang kognisi mencapai 0,51 dengan kategori sedang. Rerata skor N-gain kemampuan metakognitif siswa pada tahap uji efektivitas kelompok besar terbatas aspek pengetahuan tentang kognisi mencapai 0,36 dengan kategori sedang dengan rerata skor N-gain kemampuan metakognitif siswa pada tahap uji efektivitas kelompok besar terbatas aspek regulasi tentang kognisi mencapai 0,40 dengan kategori sedang. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing dengan unsur metode sorogan valid, praktis, serta efektif untuk pembelajaran IPA siswa MTs.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries150220104003;
dc.subjectInkuiri Terbimbingen_US
dc.subjectMetode Soroganen_US
dc.titlePengembangan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Unsur Metode Sorogan Untuk Pembelajaran IPA Siswa MTsen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record