Analisis Perilaku Konsumen dalam Membeli Semangka (Citrullus vulgaris Schard ) di Pasar Tradisional dan Pasar Modern Kabupaten Jember
Abstract
Semangka merupakan salah satu komoditas hortikultura buah yang banyak diusahakan di Kabupaten Jember. Semangka di Kabupaten Jember dipasarkan didua jenis pasar, yaitu pasar tradisional dan pasar modern. Perbedaan kondisi pada dua jenis pasar ini mempengaruhi pertimbangan konsumen untuk lebih memilih membeli semangka pada salah satu jenis pasar. Salah satu pasar tradisional terbesar di Kabupaten Jember yang menjual buah semangka adalah Pasar Tanjung, dan salah satu pasar modern yang menjual buah semangka adalah Giant Ekspres Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli semangka dipasar tradisional dan pasar modern Kabupaten Jember. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah analisis faktor. Selain itu juga ingin mengetahui tipe perilaku konsumen semangka di pasar tradisional dan pasar modern Kabupaten Jember. Tipe perilaku konsumen dapat digunakan dengan menggunakan model tipe perilaku Henry Assael yang terdiri dari dua yaitu keteribatan dan beda antar merek.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4297]