Show simple item record

dc.contributor.advisorNURIMAN
dc.contributor.advisorAGUSTININGSIH
dc.contributor.authorNURHADI, Putri Novitasari
dc.date.accessioned2019-11-13T03:00:18Z
dc.date.available2019-11-13T03:00:18Z
dc.date.issued2019-04
dc.identifier.nimNIM150210204055
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94247
dc.description.abstractProblem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang diutamakan dalam implementasi kurikulum 2013. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir pemecahan masalah dan keterampilan intelektual. Pada pembelajaran ini siswa berperan aktif, guru hanya menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan, memfasilitasi penyelidikan dan memberikan bimbingan serta motivasi pada siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ”apakah terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran konvensional dengan Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD?”. Berdasarkan rumusan masalah yang telah dijelaskan di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan pengaruh antara model pembelajaran konvensional dengan Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Penelitian yang dilaksanakan di SDN Kepatihan 05 Jember, dilaksanakan sejak tanggal 26 Januari sampai dengan 6 Februari 2019. Kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IVB berjumlah 31 siswa dan IVC terdiri dari 29 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan pola eksperimen semu menggunakan desain Nonequivalent Control Group. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data yang digunakan berupa nilai setelah perlakuan pada ranah kognitif pada kelas eksperimen dan kontrol. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan menggunakan teknik random sampling dengan hasil kelas kelas IVB sebagai kelas kontrol dan IVC sebagai kelas eksperimen. Langkah awal yang dilakukan oleh peneliti sebelum menentukan kelas eksperimen dan kontrol yaitu melakukan uji homogenitas. Uji homogenitas dilakukan menggunakan nilai pretest siswa kelas IVA dan IVB. Berdasarkan hasil uji homogenitas yang telah dilakukan pada kedua kelas, dapat diketahui koefisien F diperoleh sebesar 0,572 Hal tersebut menunjukkan bahwa koefisien F lebih besar daripada 0,05 (0,572 > 0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut yaitu kelas IVB dan IVC tingkat kemampuan siswa sebelum diberikan perlakukan kondisinya adalah homogen. Data yang akan dianalisis pada penelitian ini adalah nilai posttest yang diperoleh setelah diberikan perlakuan atau treatment pada kelas eksperimen (IVC) dan kontrol (IVB) dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan dengan program SPSS versi 21, diperoleh nilai rata-rata nilai posttest ranah kognitif pada kelas eksperimen sebesar 72,82, sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol sebesar 62,24. Hasil perhitungan uji-t dengan menggunakan program SPSS versi 21 diperoleh hasil t sebesar 3,588. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan t tabel hitung , diketahui db = (29 + 31) – 2 = 58 pada taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh nilai t = 2,000. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel ix tabel yaitu 3,588 > 2,000. Perhitungan uji keefektifan relatif (ER), dapat diketahui bahwa pencapaian hasil belajar siswa ranah kognitif dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning saat pembelajaran menunjukkan hasil 43% lebih efektif jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran tema cita-citaku. Uji keefektifan relatif (ER) dari ranah kognitif sebesar 43% menunjukkan kategori keefektifan sedang. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model belajar konvensional.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries150210204055;
dc.subjectProblem Based Learning (PBL)en_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record