Show simple item record

dc.contributor.authorHimmah, Irliana Faiqotul
dc.contributor.authorAriefianto, Lutfi
dc.contributor.authorFajarwati, Linda
dc.contributor.authorHasan, Fuad
dc.date.accessioned2019-11-11T07:56:51Z
dc.date.available2019-11-11T07:56:51Z
dc.date.issued2016-11-01
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94153
dc.description.abstractPenelitian ini didasarkan atas fenomena penggunaan metode iqro’ pada pembelajaran membaca, menulis, berhitung (calistung). Mengingat pada program Keaksaraan Fungsional dengan satuan pendidikan Kelompok Belajar yang perlu diperhatikan adalah penggunaan metode yang tepat yang sesuai dengan karakteristik warga belajar, supaya warga belajar merasa tertarik dan berminat untuk mengikuti proses pembelajaran di Keaksaraan Fungsional tanpa ada paksaan. Sesuai dengan fenomena tersebut, penelitian ini difokuskan pada pertanyaan dasar, bagaimana penerapan Metode Iqro’ pada pembelajaran membaca, menulis, berhitung (calistung)?. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mendiskripsikan tentang: 1) latar belakang diterapkannya Metode Iqro’ pada pembelajaran membaca, menulis, berhitung (calistung), 2) penerapan Metode Iqro’ pada pembelajaran membaca, menulis, berhitung (calistung), 3) alasan warga belajar berminat dalam mengikuti pembelajaran membaca, menulis, berhitung (calistung) dengan penerapan Metode Iqro’. Berdasarkan masalah fokus penelitian tersebut maka penelitian ini diungkap dengan menggunakan pendekatan kualitatif berupa studi kasus untuk mengungkap secara holistik fenomena yang terjadi secara menyeluruh dan mendalam pada Kelompok Belajar Merpati. Sumber data dalam penelitian dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu: person, place dan activity. Semua sumber data tersebut digali melalui tekhnik observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode iqro’ pada pembelajaran calistung di keaksaraan fungsional dasar merpati berdasarkan atas latar belakang warga yang lebih bisa mengaji/membaca huruf arab daripada membaca huruf alfabeth, penerapannya hanya dasar-dasarnya saja yang kemudian dikembangkan lagi dengan memberikan bacaanbacaan pendek/ayat- ayat pendek yang disadur dari Al-Qur’an beserta pemaknaannya disertai tekhnik penyampaian yang menyenangkan telah mampu menjawab kebutuhan warga tentang belajar sehingga dapat menarik minat warga untuk belajar dan dalam penerapannya juga terdapat kelebihan antara lain Metode Iqro’ dapat memberikan kemudahan bagi Tutor dalam menyampaikan materi dan bagi warga belajar mendapatkan kemudahan dalam menerima materi sedangkan kekurangannya antara lain jika warga belajar tidak rajin menghadiri proses pembelajaran, karena penerapan metode ini dilakukan secara beruntun atau bersambung. Sehingga semakin sering warga belajar tidak hadir maka akan semakin tertinggal, warga sama sekali tidak memahami huruf arab/ ataupun latin, karena permulaan penyampaian materi dengan menggunakan huruf arab. Kekurangan dalam penerapan Metode Iqro’ tersebut jika tidak diatasi akan berimbas pada lambatnya proses pembelajaran.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJurnal Pancaran, Vol. 5, No. 4, hal 201-212, November 2016en_US
dc.subjectMetode iqro’en_US
dc.subjectProgram Keaksaraan Fungsionalen_US
dc.subjectPendidikan Luar Sekolahen_US
dc.titlePenerapan Metode Iqro' pada Pembelajaran Calistung Warga Belajar Keaksaraan Fungsional Dasar Merpatien_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Luar Sekolah
dc.identifier.kodeprodi0210201
dc.identifier.nidn0010128502
dc.identifier.nidn0010098301
dc.identifier.nidn0024068206
dc.identifier.nidn0720078901


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record