• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PECAHAN SISWA KELAS IV SDN WIROWONGSO 01 KECAMATAN AJUNG TAHUN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (2.699Mb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    Fajar Surya Hutama
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan jenisnya, penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, pertemuan pertama adalah pemaparan materi dan pertemuan kedua adalah pelaksanaan tes akhir tiap siklus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa dalam tes awal, tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II, hasil observasi aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan strategi pemecahan masalah model Polya, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan. Hasil observasi pada aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran matematika dengan strategi pemecahan masalah model Polya menunjukkan bahwa siswa terarah dalam menyelesaikan soal cerita. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 59,68%, dan pada siklus II mencapai 72,18%, persentase tersebut termasuk dalam kategori aktif. Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 12,50% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil jawaban siswa pada saat tes awal, ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 8,57%, setelah pelaksanaan siklus I, ketuntasan belajar siswa menjadi 51,35%, dan dalam siklus II meningkat menjadi 75,68%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar sebesar 24,33% dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pemecahan masalah model Polya, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9409
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository