Show simple item record

dc.contributor.authorDWI MILASARI
dc.date.accessioned2013-12-17T03:21:04Z
dc.date.available2013-12-17T03:21:04Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM090210204179
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9378
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Polya pada siswa Kelas V SDN Sukosari 01 Sukowono Tahun Ajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Sukosari 01 Sukowono, mulai tanggal 12 September 2011 sampai tanggal 24 viii September 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 38 anak, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir siklus II, aktivitas siswa selama proses pembelajaran Matematika, dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan guru. Hasil analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran Matematika Persentase aktivitas menjawab pertanyaan dalam setiap pembelajaran 1, 2, 3, 4 berturut-turut yaitu 64%; 65%; 66%; 75%. Persentase aktivitas kerjasama dalam kelompok dalam setiap pembelajaran 1, 2, 3, 4 berturut-turut yaitu 63%; 63%; 62%; 96%. Persentase aktivitas memberi tanggapan kelompok dalam setiap pembelajaran 1, 2, 3, 4 berturut-turut yaitu 51%; 51%; 51%; 59%. Persentase aktivitas mengajukan pertanyaan dalam setiap pembelajaran 1, 2, 3, 4 berturut-turut yaitu 55%; 56%; 55%; 57%. Analisis hasil belajar tes siklus I dan siklus II Matematika mengalami peningkatan sebesar 8,4 dari siklus I sebesar 70,1 menjadi siklus II sebesar 78,5. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas siswa mengalami peningkatan setelah penerapan model pembelajaran Polya pada pembelajaran Matematika pokok bahasan KPK dan FPB. Siswa lebih aktif, antusias, dan tertarik mengikuti pembelajaran. Adanya peningkatan aktivitas tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sukosari 01 Sukowono pada siklus I sampai siklus II sehingga pembelajaran dianggap tuntas karena sudah memenuhi Standar Ketuntasan Minimum (SKM). Saran dari penelitian ini adalah hendaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mengecek kembali pada tahap Polya untuk lebih dibimbing kembali agar tercapai kesempurnaan dalam proses pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204179;
dc.subjectModel Polya, Bahasan KPK dan FPBen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KPK DAN FPB SISWA KELAS V SDN SUKOSARI 01 SUKOWONO TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record