• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KPK DAN FPB SISWA KELAS V SDN SUKOSARI 01 SUKOWONO TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (239.5Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    DWI MILASARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Polya pada siswa Kelas V SDN Sukosari 01 Sukowono Tahun Ajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Sukosari 01 Sukowono, mulai tanggal 12 September 2011 sampai tanggal 24 viii September 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 38 anak, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir siklus II, aktivitas siswa selama proses pembelajaran Matematika, dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan guru. Hasil analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran Matematika Persentase aktivitas menjawab pertanyaan dalam setiap pembelajaran 1, 2, 3, 4 berturut-turut yaitu 64%; 65%; 66%; 75%. Persentase aktivitas kerjasama dalam kelompok dalam setiap pembelajaran 1, 2, 3, 4 berturut-turut yaitu 63%; 63%; 62%; 96%. Persentase aktivitas memberi tanggapan kelompok dalam setiap pembelajaran 1, 2, 3, 4 berturut-turut yaitu 51%; 51%; 51%; 59%. Persentase aktivitas mengajukan pertanyaan dalam setiap pembelajaran 1, 2, 3, 4 berturut-turut yaitu 55%; 56%; 55%; 57%. Analisis hasil belajar tes siklus I dan siklus II Matematika mengalami peningkatan sebesar 8,4 dari siklus I sebesar 70,1 menjadi siklus II sebesar 78,5. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas siswa mengalami peningkatan setelah penerapan model pembelajaran Polya pada pembelajaran Matematika pokok bahasan KPK dan FPB. Siswa lebih aktif, antusias, dan tertarik mengikuti pembelajaran. Adanya peningkatan aktivitas tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sukosari 01 Sukowono pada siklus I sampai siklus II sehingga pembelajaran dianggap tuntas karena sudah memenuhi Standar Ketuntasan Minimum (SKM). Saran dari penelitian ini adalah hendaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mengecek kembali pada tahap Polya untuk lebih dibimbing kembali agar tercapai kesempurnaan dalam proses pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9378
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository