Penerapan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas III MI Unggulan Nuris Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan
subjek penelitian terdiri atas 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MI Unggulan
Nuris Jember, pada tanggal 23 dan 25 Mei 2016.
Hasil penelitian pada siklus I masih terdapat beberapa kekurangan yaitu
siswa masih kesulitan dalam membuat kalimat efektif, siswa kesulitan dalam
mengembangkan kalimat menjadi suatu karangan yang runtut, serta siswa sulit
menggunakan ejaan dan tanda baca dengan tepat dan benar. Berdasarkan
pengamatan yang dilakukan pada siklus I, dilakukan pembenahan dan pencarian
solusi yang kemudian diterapkan pada siklus II. Pada siklus II diketahui bahwa
proses pembelajaran sudah jauh lebih baik daripada siklus I dimana guru
menunjukkan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan siswa pada
pembelajaran sebelumnya dan memberikan pembetulan, guru juga memberikan
lebih banyak contoh membuat kalimat dalam menulis karangan dari
pengembangan kerangka karangan melalui gambar berseri, sehingga keterampilan
menulis siswa juga mengalami peningkatan.