Prosedur Pengelolaan Arsip Pada Sekretariat Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Jember
Abstract
Setiap pekerjaan dan kegiatan di perkantoran memerlukan data dan
informasi. Salah satu sumber data adalah arsip karena arsip adalah arsip bukti dan
rekaman dari kegiatan atau transaksi mulai dari kegiatan terdepan (loket dan
tempat pembayaran) sampai kepada kegiatan-kegiatan pengambilan keputusan.
Untuk kegiatan pengambilan keputusan, arsip sebagai data diolah baik secara
manual maupun komputer menjadi informasi. Pengolahan tersebut disesuaikan
dengan kebutuhan dari keputusan yang akan diambil. Pada era globalisasi, hampir
semua organisasi saling berlomba untuk memperingan system kearsipannya. Cara
mereka untuk memperingan system kearsipannya tersebut dengan cara
menggunakan berbagai bentuk yang dianggap lebih efisien, lebih efektif dan
sistematis untuk dapat mempermudah pencarian data, informasi, arsip yang
tersimpan lama didalamnya.