Prosedur Administrasi Pelayanan Program Indonesia Pintar (Pip) pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Jember
Abstract
Berdasarkan Hasil Praktik Kerja Nyata pada PT. Bank BRI Cabang
Jember yang di laksanakan pada tanggal 7 Januari 2019 – 29 Maret 2019
mengenai Prosedure Administrasi Pelayanan Program Indonesia Pintar (PIP) pada
Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) TBK Cabang Jember, dapat disimpulkan
sebagai berikut :
1. Prosedur administrasi pelayanan PIP dimulai dari aktivasi rekening BRI
SimPel sampai pada tahap pencairan sebagai berikut: Siswa datang ke bank
BRI cabang Jember bersama orangtua/wali, dengan menyerahkan
persyaratan dokumen yang diminta, dan mengisi formulir AR-01. Sekaligus
pencetakan buku tabungan SimPel. Selanjutnya petugas akan meminta siswa
mengisi formulir FR-01 dan slip penarikan. Pemanggilan siswa. Dana
bantuan dicairkan
2. Pada kegiatan Praktik Kerja Nyata saya ikut membantu dalam hal mensortir
kartu KIP, Merekap data nama sekolah dan nama siswa penerima PIP,
Mencetak amplop kartu KIP, membantu petugas khusus penerima PIP dalam
hal membantu siswa dalam mengisi formulir yang diminta bank, membantu
memverifikasi data yang dibawa siswa penerima PIP, membantu petugas
menyediakan perangkat KIP dan Pinnya, membantu mengarahkan siswa ke
teller guna pencairan dana bantuan.