Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Serta Promosi Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Distro Madjank Store di Lumajang
Abstract
Di era globalisasi seperti saat ini, perkembangan fashion yang semakin pesat
mengakibatkan persaingan antara perusahaan akan semakin ketat. di Lumajang ada
beberapa komunitas aliran musik diantaranya seperti musik reggae, musik hardcore,
musik Rock, musik metal dan musik Pop. Gaya berpakaian komunitas musik di
Lumajang mengadopsi tren fashion dari kota Bandung, Jakarta dan Bali. Distro
singkatan dari distribution store yang merupakan jenis toko di Indoensia yang
menjual pakaian dan aksesoris yang dititipkan oleh pembuat pakaian, atau
diprodusksi sendiri. Perkembangan distro sangat erat kaitanya dengan kreatifitas anak
muda dalam mendesain produk dan kesadaran akan pakaian merek. Madzank Store
merupakan distro reseller pakaian merek yang berada di kabupaten Lumajang.
Madjank Store menjual berbagai macam pakaian merek meliputi baju, jaket,
celana, tas, snapback, sandal jepit, sepatu, ikat pinggang, jam tanggan, kaos kaki dan
aksesoris lainnya. Fenomena yang terjadi, Madjank Store sering menjadi pembicaraan
di antara kalangan anak muda daerah Lumajang karena bisa mendatangkan pakaian
merek yang menjadi tren saat ini. Madjank Store selalu meminta pendapat kepada
konsumen melalui akun Instagram @madzank_store sehingga bisa request pakaian
merek yang digemari oleh konsumen. Penelitian ini menggunakan teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, yaitu pengambilan
sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun pertimbangan pengambilan sampel
dalam penelitian ini adalah Konsumen yang langsung datang ke Distro Madzank
Store di Lumajang. Konsumen umur minimal 17 tahun, karena sudah memasuki umur
dewasa dan pada usia tersebut seseorang dapat memahami, mengerti serta dapat
mengisi kuesioner dengan tepat.
Penelitian ini menggunakan sumber data primer diperoleh langsung dari
konsumen melalui koesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari pihak lain dan
obyek yang diteliti yang berfungsi sebagai memperkuat data primer. Metode Analisis
data yang digunakan adalah analisis regresi logistik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen yaitu kualitas
produk, citra merek dan promosi melalui instagram mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap variabel dependen, yaitu keputusan pembelian pada Distro
Madzank Store di Lumajang.