Show simple item record

dc.contributor.authorAisyafahmi, DINI
dc.date.accessioned2019-10-23T10:37:21Z
dc.date.available2019-10-23T10:37:21Z
dc.date.issued2019-07-04
dc.date.submitted
dc.identifier.nim170220104018
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93612
dc.description.abstractIndonesia merupakan negara berkembang yang berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan. Pendidikan memiliki fungsi dapat memberdayakan potensi manusia untuk mewariskan, mengembangkan, serta membangun kebudayaan dan peradaban masa depan. Pendidikan berkulitas dapat dilakukan melalui proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik di perkebunan kopi yang diharapkan dapat memperdayakan keterampilan metakognisi dan hasil belajar IPA yaitu model pembelajaran RDEW (Reading, Discussing, Experiencing, and Writing). Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran RDEW (Reading, Discussing, Experiencing, and Writing) yang valid, efektif dan praktis untuk mengembangkan keterampilan metakognisi dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan tahap-tahap penelitian 4D yang terdiri atas beberapa tahapan yaitu define, design, develop, and dessiminate. Subjek penelitian pengembangan kelas VII siswa SMP/MTs. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes tulis, angket kuesioner serta pengisian lembar validasi. Analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan menggunakan data kuantitatif deskriptif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectRDEW (Reading, Discussing, Experiencing, and Writing)en_US
dc.subjectPembelajaran IPAen_US
dc.subjectSMP Perkebunan Kopien_US
dc.titlePengembangan Model Pembelajaran RDEW (Reading, Discussing, Experiencing, and Writing) pada Pembelajaran IPA di SMP Perkebunan Kopi untuk Mengembangkan Keterapilan Metakognisi dan Hasil Belajaren_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record